Bardi Smart On Off Breaker Solusi Untuk Sakelar Otomatis

Bardi Smart Breaker - Aku pernah coba membeli 2 lampu pintar dengan merk yang berbeda. Pertama merk TP-Link dan kedua merk Philips. Keduanya bekerja dengan sangat baik dan mempermudah dalam mengatur nyala lampu di 2 ruangan yang berbeda. Harganya hampir Rp100.000 perlampu, aku membelinya menggunakan aplikasi toko orange dan aku belum sempat mengulasnya di blog ini.

Pengalamanku menggunakan 2 lampu pintar ini sangat menyenangkan. Aku bisa membuat jadwal kapan lampu menyala dan kapan lampu mati. Dengan cara ini bisa membuat waktu tidur kami dirumah jadi lebih teratur. Saat hari mulai gelap lampu menyala, saat waktu tidur tiba lampu otomatis mati. Dan jadwal kami bangun lampu lampu otomatis menyala (tak jarang lampu menyala secara otomatis tapi kami masih terlelap tidur dan perlahan bangun karena cahaya lampu). Saat hari dirasa mulai terang, lampu otomatis mati.

Tidak hanya waktu yang bisa diatur, warna lampu pintar ini juga bisa diatur putih, warm-white, kuning, hijau, merah, biru dan warna lainnya dalam konfigurasi RGB. Dan juga lampu ini bisa diatur jarak jauh melalui aplikasi yang telah disediakan oleh masing-masing lampu.

Puas dengan performa kedua lampu ini, aku punya rencana untuk mengganti lampu luar rumah. Mengingat harganya yang cukup mahal dan jumlah lampu luar rumah ku tidak hanya satu, aku membatalkan niatku ini. Aku coba mencari solusi lain agar lampu luar kami bisa menyala otomatis.

Dari seorang teman, aku mendapat informasi tentang alat semacam sensor cahaya yang bisa membuat lampu menyala saat gelap. Harganya murah, hanya Rp30.000 per alat. Tapi saat mendung ternyata juga ikut menyala. Aku juga harus beli lebih dari 1 alat karena 1 alat hanya digunakan untuk 1 lampu. Aku coba mencari referensi lain.

Akkhirnya aku menemukan Bardi Smart Breaker sebagai solusi otomatisasi pada lampu luar rumahku. Harganya sekitar Rp78.000 di toko orange. Alat ini bisa digunakan untuk menyalakan dan mematikan beberapa lampu sekaligus dengan beban maksimal 10 ampere.

Dikutip dari web resminya, Bardi On Off Breaker adalah switch pintar yang bisa dimatikan atau dinyalakan melalui aplikasi. Dengan breaker ini, segala perangkat dengan daya listrik 220 volt dapat diputus atau disambungkan arus sesuai keinginan yang membuat perangkat tidak smart menjadi smart.

Ada 5 pengaturan timer pada aplikasi yang disediakan alat ini yaitu countdown, schedule, circulate, random dan inching.

  1. Countdown berfungsi untuk melakukan perhitungan mundur dalam satuan waktu tertentu yang bisa ditentukan. Setelah waktu habis maka switch akan berubah menjadi off atau on. Jika saat countdown diaktifkan switch dalam keadaan on, maka saat waktu habis switch berubah menjadi off. Jika saat countdown diaktifkan switch dalam keadaan off, maka saat waktu habis switch berubah menjadi on.
  2. Schedule berfungsi untuk memberi perintah terjadwal pada breaker. Kita bisa mengatur jam dan hari. Breaker bisa diberi jadwal on dan off berulang sesuai jam dan hari yang kita tentukan sendiri.
  3. Circulate berfungsi untuk memberi perintah sirkulasi on dan off dalam 1 sirkulasi terjadwal (tanpa harus membuat schedule on dan off).
  4. Random ini yang belum ku coba, mungkin secara random menghidupkan atau mematikan breaker.
  5. Inching, dengan mengaktifkan fitur ini akan membuat perangkat berada dalam keadaan otomatis: yaitu, setiap kali perangkat dihidupkan, perangkat akan mati secara otomatis setelah jangka waktu pengoperasian tertentu.

Fitur-fitur yang sangat menarik bukan? Aku jadi tertarik membeli alat ini lagi yang akan ku gunakan untuk mengatur waktu pengisian daya sepeda listrikku. Masih ingat kan cerita soal rusaknya sepeda listrik U-Winfly Dragonfly-8 milikku? Ternyata yang rusak adalah baterainya. Ada yang bilang karena telat mengisi daya (baterai dibiarkan kosong), ada juga yang bilang pengisi daya terlalu lama tersambung ke listrik meski baterai sudah terisi penuh.

Alat ini bisa kugunakan untuk melengkapi alat pengisi daya sepeda listrikku ini. Lalu aktifkan countdown saat pengisian daya, saat waktu tertentu sudah tercapai maka listrik pada pengisi daya dimatikan oleh Bardi Smart Breaker.


Posting Komentar untuk "Bardi Smart On Off Breaker Solusi Untuk Sakelar Otomatis"