Sepeda Listrik U-Winfly Dragonfly 8 Error di 2800 Kilometer


Sepeda Listrik U-Winfly Dragonfly 8 - Rasanya baru kemarin aku menuliskan pengalamanku yang mengesankan menggunakan sepeda listrik dari U-Winfly (baca: Pengalaman Menggunakan Sepeda Listrik U-Winfly Dragonfly 8). Saat itu kilometer masih tercatat 2500an kilometer dan sekarang saat mencapai 2800an kilometer sepeda itu malah error (perhitungan menurut catatan ODO meter pada sepeda selama sepeda digunakan). It's okay! I'm okay! I'm fine! Gwenchana.. Gwenchana.. Gwenchana yo.. Kumenahan rasa sakit... rasa sakit...

Entah apa yang terjadi, entah memang seperti kata kebanyakan orang bahwa U-Winfly ini gak tahan banting, mudah rusak dan lainnya atau karena rasa takaburku karena terlalu membangga-banggakan sepeda ini padahal sebelumnya mencibir kendaraan listrik? Entahlah, karena sampai hari ini pihak U-Winfly belum menemukan kerusakannya dimana dan solusinya apa. Sudah 4 hari sepeda itu berada di bengkel.

Kalau dihitung, sepeda itu sudah kami gunakan selama 182 hari sejak tanggal pembelian hingga rusak pada tanggal 12 Januari 2024 kemarin. Belum ada 1 tahun. Sebenarnya saat pembelian, aku sudah diperingatkan oleh seorang teman bahwa sepeda listrik U-Winfly mudah rusak dan gak awet. Bahkan diingatkan oleh kaum mendang-mending, mending beli motor bekas dari pada sepeda listrik. Tapi karena model dan warnanya yang eye-catching aku tetap memilihnya.

Seperti biasa, setelah 2 hari pemakaian aku mengisi daya baterai sepeda Dragonfly-8 di malam hari. Paginya aku melihat indikator baterai terisi penuh dan ku gunakan menuju kantor. Sore saat pulang kantor baterai turun 1 bar, tidak seperti biasa. Sebelumnya saat digunakan pergi dan pulang kantor baterai tidak berukrang 1 bar pun, baru keesokan harinya berkurang 1 bar.

Karena dirasa masih aman dan tidak ada keanehan, besoknya sepeda digunakan istriku untuk mengantar anak sekolah. Sampai dirumah indikator baterai menunjukan 2 bar saja, 1 bar merah dan 1 bar hijau. Agar tidak terjadi masalah saat menjemput, istriku langsung mengisi ulang daya sepeda.

Saat pengisian daya, istriku menemukan keanehan, indikator pengisi daya yang seharusnya berwarna merah saat baterai kosong dan berubah berwarna hijau saat baterai penuh kali ini berkedip merah dan hijau tidak menentu. Istriku bingung apakah yang rusak sepedanya atau pada alat pengisi dayanya. Istriku masih berpikir positif dan menganggap alat pengisi daya yang rusak.

Waktu menjemput anak tiba, istriku menggunakan sepeda seperti biasa. Namun tak jauh dari rumah, ternyata indikator baterai di sepeda turun 1 bar dan menyisakan 1 bar merah tanda pengisian daya sebelumnya tidak berhasil. Akhirnya tugas menjemput anak dialihkan kepadaku dan istriku kembali kerumah dan hampir kehabisan daya.

Sesampaiku dirumah kami kembali coba mengisi daya sepeda listrik kami. Tapi hanya 2 jam indikator menunjukkan bahwa baterai sudah terisi penuh. Padahal sebelumnya bisa 5 sampai 7 jam baru terisi penuh. Karena tidak yakin dengan indikator baterai, kami mencoba menghubungi U-Winfly sembari berharap garansi masih berlaku karena garansi yang diberikan saat pembelian hanya 6 bulan.

Pihak U-Winfly meminta kami mengantar sepeda tersebut ke dealer resmi mereka untuk diperiksa dan harus ditinggal untuk pemeriksaan. Malam itu juga kami mengantarkan sepeda itu dengan daya yang telah terisi.

Pemeriksaan awal oleh custumer service U-Winfly ada kemungkinan baterai sepeda kami mengalami kerusakan (soak). Tapi masih akan dipastikan kembali part apa saja yang rusak. Aku pun bertanya, bagaimana jika baterai yang rusak, berapa harga baterai untuk U-Winfly Dragonfly-8? Harga baterainya sekitar Rp1.500.000.

Anggaplah baterai sebagai pengganti pembelian BBM dan secara perhitungan pengisian daya baterai tidak mempengaruhi tagihan listrik kami secara siknifikan, tapi kalau digunakan untuk beli BBM seri pertalite tentu uang Rp1.500.000 bisa mendapatkan pertalite yang cukup untuk konsumsi kendaraan kami lebih dari 6 bulan. Karena perhitungan kami konsumsi BBM perbulan adalah Rp200.000. Jelas kaum mendang-mending gak akan sanggup membaca ini.

Yo sudahlah semoga semua akan baik-baik saja... Gwenchana yo..

Posting Komentar untuk "Sepeda Listrik U-Winfly Dragonfly 8 Error di 2800 Kilometer"