Bocoran Desain Uang Rupiah Baru Bank Indonesia dengan Gambar Pahlawan Baru


Desain Uang Rupiah Baru - Baru-baru ini sunter terdengan kabar bahwa Bank Indonesia akan segera menerbitkan uang kertas dan uang logam dengan desain baru. Rencananya penghujung 2016 BI akan menerbitkan sepuluh pecahan uang rupiah dengan desain baru tersebut.

Desain baru ini merupakan realisasi Bank Indonesia atas rencana penerbitan uang dengan nomor seri NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Uang dengan nomor seri NKRI pertama kali diedarkan pada tahun 2014 dan hanya uang pecahan Rp 100.000 saja. Sedangkan pecahan yang lain baru tahun ini akan diedarkan bersamaan dengan dikeluarkannya desain baru uang rupiah.

Pecahan uang rupiah yang akan diedarkan dengan nomor seri NKRI adalah pecahan uang Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000 dan Rp 50.000 dan dengan begitu desain keenam pecahan uang tersebut akan berganti. Sedangkan uang Rp 100.000 tidak berganti desain namun akan tetap diterbitkan uang baru dengan memperkuat unsur pengamanan untuk mempermudah mengenal uang rupiah asli dan uang rupiah palsu.

Selain pecahan uang kertas, rencananya Bank Indonesia juga akan menerbitkan uang logam dengan desain baru. Uang logam yang biasanya hanya bergambar tumbuhan atau hewan khas Indonesia, akan berganti rupa dengan gambar pahlawan.

"Koin pun nanti akan ada gambar pahlawannya. Pahlawannya siapa nanti kita tunggu sama-sama. Sedang dalam proses persetujuan Presiden. Sudah diajukan. Akhir tahun akan kita rilis semuanya," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas usai acara launching Gerakan Peduli Koin di Lapangan Lenggang Jakarta, Monas, kepada tim detik.com Sabtu (25/06/16).

Maka secara keseluruhan, terdapat enam pecahan uang kertas baru dan empat pecahan uang logam baru dengan desain baru. Berikut adalah daftar gambar pahlawan baru pada desain uang rupiah baru.
  1. Gambar Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 50.000
  2. Gambar Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 20.000
  3. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 10.000
  4. Gambar Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 5.000
  5. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 2.000
  6. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutia sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 1.000.
  7. Gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 1.000.
  8. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 500.
  9. Gambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 200.
  10. Gambar Pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 100.


sumber: detik.com | liputan6.com




1 Response to "Bocoran Desain Uang Rupiah Baru Bank Indonesia dengan Gambar Pahlawan Baru"

  1. Wah asiiik... Bakal berubah ya uang rupiahnya. Semoga juga bisa mebawa keuangan Indonesia kearah yang baru.

    BalasHapus