Share Memory Card Emulator Android dan PC

Asiikk... sejak baca posting Insinyur Pikun, "Harvest Moon Back To Nature di PC dan Android", bisa maen emulator PS di android sepuasnya. Tapi... waduuhhh... Lagi asik-asiknya main Harvest Moon Back To Nature di emulator smart phone, tapi batrenya habis... padahal masih belum puas maennya... Gimana ya caranya biar bisa lanjutin maen di PC tapi masih pake data save yang di smart phone? Kalo di PS langsung sih enak tinggal bawa-bawa memory card.
Hahahaha... ada gak yang punya pengalaman seperti itu? Setidaknya aku pernah hehehehe... Tapi, aku yang selalu kagum sendiri dengan kecerdasan akal dan ide-ideku, alhamdulillah menemukan solusinya. Kesempatan ini aku akan mencoba berbagi cara untuk share memory card emulator PC dan android ini. Tapi tips ini gak sebatas share memory card antara PC dan android saja lho... Bisa juga buat temen-temen yang make 2 PC, maen di rumah tapi juga pengen maen di kantor di waktu senggang mungkin? (who know? xixixixixix).


Lansung saja kita mulai. Masih ingat kan postingku yang kemarin, "Harvest Moon Back To Nature di PC dan Android". Pada postingku itu ada 2 jenis emulator untuk Playstation, yaitu emulator PS untuk android dan emulator PS untuk PC. Kunci dari share memory card pada emulator adalah kita harus tau dimana letak memory card-nya. Pada emulator ePSXe 1.60 (emulator PS untuk PC) kita bisa melihat dengan jelas dimana letak file memory cardnya tapi pada emulator FPS 0.11.31 (untuk android) kita akan kesulitan untuk mencari dimana file memorycardnya. Akan tetapi kedua emulator ini bisa diseting letak memory cardnya.

Pada emulator ePSXe 1.60 terdapat folder MEMCARDS [... : ...\...\EPSX160\MEMCARDS] yang berisi beberapa file berekstensi *.mcrMemManager.exe, dan MemoryConverter.exe.

  • File berekstensi *.mcr merupakan file standard memory card untuk emulator ePSXe. Kalau mau ganti PC tapi masih ingin memainkan game emulator dengan file savenya, copy saja file epsxe000.mcr (file memory card default untuk slot 1)  EPSXE001.MCR (file memory card default untuk slot 2).
  • File  MemManager.exe digunakan untuk mengatur dan melihat (membaca) slot memory pada file memory card.
  • File  MemoryConverter.exe digunakan untuk men-convert (merubah) file memory card emulator ePSXe menjadi file meory card emulator lain.
  • Cara mengganti file memory card pada emulator ePSXe:
    • Sebelum run ISO (INGAT SEBELUM RUN ISO) klik config >> memory card.


    • Pilih file memory card dengan cara mengklik tombol "Select".
    • Saran: sebaiknya yang diganti-ganti slot 2 aja, slot 1 biarkan apa adanya (kalo mau ganti slot 1 juga gakpapa, gak bakal eror, cuma saran kok).
Karena dah tau letak file memory card emulator ePSXe dan fungsi-fungsinya, sekarang untuk share file memory card PC dengan android gampang kok, coba ikutin langkah berikut ini.
  1. Buat file memory carnya dengan  MemoryConverter.exe

    pilih sembarang file ekstensi *.mcr (untuk mengetahui isi memory card dapat menggunakan 
    MemManager.exe) dengan cara mengklik tombol [...].
  2. Klik [Convert].
  3. File name bisa tetap atau dirubah, tapi Files of type dirubah menjadi [Bleem Memory Card (*.mcd)]. (misal kita gunakan File name: Share).
  4. Copy-kan file Share.mcd kedalam SD-Card android.
  5. Jalankan apikasi  emulator FPS pada android.
  6. Klik Menu >> Seting >> Config >> MISC >> Select memcard  (Saran: sebaiknya yang diganti-ganti slot 2 aja, slot 1 biarkan apa adanya (kalo mau ganti slot 1 juga gakpapa, gak bakal eror, cuma saran kok)).


  7. Kalo mau dipindah ke PC dan dimainkan dengan emulator ePSXe 1.60,  copy saja file  Share.mcd ke PC dan seting memory card  emulator ePSXe 1.60 slot 2 menjadi  Share.mcd (gak usah diganti ke *.mcr lagi gakpapa).

Semoga membantu dan bermanfaat.
Barrakallahu minna wa minkum.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan terkait:

Harvest Moon Back To Nature di PC dan Android

2 komentar untuk "Share Memory Card Emulator Android dan PC"

  1. Mantab gaaan,, Ijin sedot yaak...

    BalasHapus
  2. klu dari pc ke andro, gimana gan??? sama kah prosesnya? saya dua dua memakai epsxe

    BalasHapus