Selis U-Winfly Dragonfly-8 Tidak Bisa Dicharge, Jangan Langsung Ganti Baterai! Cek Dulu Bagian Ini


U-Winfly Dragonfly-8 Tidak Bisa Dicharge - Masih ingat kan sepeda listrik kesayanganku, Sepeda Listrik U-Winfly Dragonfly 8 Error di 2800 Kilometer, kan? Setelah 5 hari dilakukan perbaikan di bengkel U-Winfly sepeda listrik itu bisa digunakan dengan normal lagi. Tapi setelah 1 minggu digunakan secara normal, baterai sepeda tidak bisa diisi ulang (di-charge). Lho kok bisa? Mungkin ini saatnya aku membuktikan omonganku sebagai tukang teknisi dadakan.

Dengan gemas aku coba bongkar sepeda listrik sembari mengontak Custumer Care U-Winfly di Kotaku. Hal pertama yang ingin ku coba periksa adalah sambungan-sambungan kabel, instalasi kabel pada sepeda listrik ini. Jika semua normal baru aku teruskan cek baterai kemudian cek kontroler yang ada pada sepeda listrik ini. Kalau sudah mentok baru deh bawa ke bengkel lagi.

Baru sentuh 1 kabel yang tersambung pada soket pengisi daya dengan sekring didalam sepeda tiba-tiba indikator pengisi daya listrik sepedaku menyala dengan normal. Aku coba lepas, pengisi daya mati lagi. Aku coba lagi goyang-goyang bisa menyala lagi dengan normal. Ku pikir permasalahan selesai dan selamanya normal.

Ternyata aku salah, setiap melakukan pengisian daya kabel sekring tersebut harus digoyang agar pengisi daya dapat mengisi daya dengan normal. Istriku sebagai pengguna rutin sepeda ini takut untuk melakukan pengisian daya dan selalu menungguku pulang jika ingin mengisi daya. Aku coba cek sekringnya, ternyata normal dan sekring tidak dalam keadaan putus.

Aku coba kembali menghubungi Custumer Care U-Winfly melalui chat whatsapp tanpa menceritakandan progres yang sudah kulakukan. Kemudian dijawab, "Listrik dirumahny itu yang bermasalah, bulak balik putus skringny". Seketika emosiku memuncak. Padahal sebelumnya dikatakan bahwa baterai sepedaku rusak, sekarang sekringnya yang rusak karena listrik dirumahku bermasalah.

Aku pun coba mencari permasalahan dari sekring tersebut. Ternyata rumah sekringnya kurang kuat, sehingga kabel dan sekring oblak dan bisa normal saat sedikit digoyang. Ketika bergoncang saat dalam perjalanan, kabel pada rumah sekring kembali goyang. Kemudian aku memutuskan untuk mengganti rumah sekring tersebut. Alhamdulillah setelah dilakukan penggantian rumah sekring dan sekring, pengisian daya pada sepeda listrik kesayanganku kembali normal.

Sebagai implementasi tulisan tips agar baterai sepeda listrikku awet, aku membeli Bardi Smart Plug sebagai pewaktu otomatis alat pengisi daya sepeda listrikku. Pada Bardi Smart Plug juga dilengkapi pembaca arus, tegangan dan daya listrik yang digunakan oleh pengisi daya. Namun tegangan listrik dirumahku terbaca hanya 180an volt saja pada alat ini.

Kemudian aku kepikiran dengan ucapan dari teknisi U-Winfly, aku coba periksa tegangan listrik dirumah menggunakan volt meter dan ternyata tegangan listrik dirumah terukur hanya 180an volt begitupun pada kwh meter juga menampilkan tegangan yang sama, 180an volt. Wah harus segera menghubungi PLN nih. Bisa-bisa sekring sudah normal nanti malah balik jadi U-Winfly Dragonfly-8 tidak bisa dicharge.

Posting Komentar untuk "Selis U-Winfly Dragonfly-8 Tidak Bisa Dicharge, Jangan Langsung Ganti Baterai! Cek Dulu Bagian Ini"