Kalian Pasti Punya Teman Bernama Adit

Kalian Pasti Punya Teman Bernama Adit

Teman Bernama Adit - Setiap generasi nama Adit pasti muncul. Saya sendiri bernama Adit, atau lebih lengkapnya Aditiya Zamrud Anggar Kasih. Dan memeliki beberapa teman yang juga bernama Adit, meski dengan nama lengkap yang berbeda, Aditya Vian, Aditya Nugroho, Aditia Tri, Aditama dan beberapa nama Adit yang saya sendiri tidak ingat nama lengkapnya. Namun nama saya tergolong unik, karena pada umumnya nama Adit akan ditulis dengan ejaan Aditia atau Aditya, sedangkan nama saya ditulis dengan ejaan Aditiya dan saya masih belum menemukan seseorang dengan nama Adit yang ditulis dengan ejaan seperti saya.

Meskipun nama Adit mudah sekali ditemukan, namun kepopuleran nama ini masih jauh dibawah nama Muhammad, Eka, Dwi, Tri, Siti, Agus, Sugeng, Slamet, Asep, dan Bambang. Bahkan saya tau dari seorang teman blogger saya, Kang +Asep Haryono, untuk nama Asep sudah memiliki sebuah paguyuban yang bernama Paguyuban Asep Dunia.

Seperti yang saya kutip dari situs paguyubanasep.com, Paguyuban Asep Dunia (PAD) adalah gerakan sosial yang bertujuan mempertemukan para pemilik nama Asep di seluruh Dunia untuk bersilaturahmi dan mengaktualisasikan diri secara kongkret agar berdaya dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. PAD didirikan oelh Asep Iwan Gunawan, Asep Kambali, Asep Bambang Fauzi, Asep RS dan Asep Dudi di Jakarta pada 1 Agustus 2010.

Apakah untuk nama Adit terdapat paguyuban atau perkumpulan serupa? Saya sudah coba mencari tapi masih belum menemukannya. Lalu kenapa nama Adit kalah ngetren dengan nama-nama yang lainnya? Apakah Aditya memiliki arti yang jelek? Tentu saja tidak. Aditya dalam bahasa sansekerta berarti Matahari atau (dari beberapa sumber juga disebutkan sebagai) Dewa Matahari.

Itulah alasan nama Adit menjadi salah satu nama populer digunakan di Indonesia, meskipun tak setenar nama lain. Arti nama Aditya adalah Matahari, ini melambangkan sesuatu yang paling terang dan paling megah di bumi. Hal ini juga menjadi sebuah doa orang tua teruntuk putra-putrinya yang diberi nama Aditya agar menjadi sosok yang bersinar, terang benderang, kuat dan mampu menaungi seluruh makhluk hidup yang ada dibumi seperti matahari.

Nama Adit sendiri tidak terpaku pada nama laki-laki saja, namun juga digunakan oleh perempuan. Seorang teman saya, perempuan, juga memiliki nama Adit pada namanya, Vivi Wulandari Aditama. Ada juga seorang perempuan bernama Naditya.

Salah satu nama Adit yang berpengaruh dalam sejarah Indonesia adalah Adityawarman yang merupakan Raja Kerajaan Melayu yang berada di Pulau Sumatra pada tahun 1347. Menurut Serat Pararaton (Bahasa Kawi: Kitab Raja-Raja), Adityawarman, yang masih memiliki hubungan darah Raden Wijaya (Raja Majapahit), lahir dan besar di Sumatra.

Saat remaja, Adityawarman datang ke majapahit dan dikirim sebagai duta besar Majapahit untuk Cina selama dua kali yaitu pada tahun 1325 dan 1332 saat Jayanagara memimpin Majapahit. Dalam kronik Dinasti Yuan ia disebut dengan nama Sengk'ia-lie-yu-lan. Pengiriman utusan ini menunjukkan adanya usaha perdamaian antara Majapahit dengan bangsa Mongol, setelah terjadinya perselisihan dan peperangan pada masa Singhasari dan zaman Raden Wijaya.

Pada masa pemerintahan Tribhuwana Tunggadewi (adik Jayanagara), Adityawarman diangkat sebagai Wreddhamantri, atau perdana menteri. Hal ini tersebut pada Prasasti Manjusri tahun 1343 yang menyatakan bahwa, Adityawarman selaku wreddhamantri menempatkan arca Mañjuçrī (salah satu sosok bodhisattva) di tempat pendarmaan Jina (Buddha) dan membangun candi Buddha (Candi Jago) di bhumi jawa untuk menghormati orang tua dan para kerabatnya. Dan pada tahun 1347 kembali ke Kerajaan Melayu untuk memimpin kerajaan tersebut[1].

Selain Adityawarman, berikut adalah nama-nama Adit yang cukup terkenal di Indonesia.
  1. Demian Aditya - Pesulap Indonesia
  2. Rezky Aditya - Pemain sinetron Indonesia
  3. Dwiki Aditya Marsall / Kiki D’Masiv - Musisi
  4. Jamie Aditya - Pembawa acara, aktor, dan penyanyi
  5. Aditya Putra Wijaya - Finalis Akademi Fantasi Indosiar
  6. Aditya Putra Dewa - Pemain sepakbola untuk PSM Makassar
  7. Jamie Aditya – Pembawa acara, aktor, dan penyanyi
Jadi tak heran jika nama Adit cukup populer sebagai nama seseorang di Indonesia mengingat memiliki arti yang bagus. Selain Aditya, nama yang juga memiliki arti yang sama, Dewa Matahari, adalah Varun, Kamadev, Indra, Mayon, Gopal, Samudra dan Shiv dari Bahasa India (Hindu), Balder dari Swedia, Amado dari Bahasa Latin, Dylan dari Wales, Ares dari Yunani, Marcella dari Bahasa Latin dan Raidon dari bahasa Jepang.

Sumber:
[1] Wikipedia - Adityawarman




0 Response to "Kalian Pasti Punya Teman Bernama Adit"

Poskan Komentar