Inilah Alasan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Jember 2016 Layak Sama Dengan UMK Surabaya

Demo Buruh
sumber gambar:www.rmol.co
Upah minimum adalah besaran gaji atau upah bulanan yang terdiri dari upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh Gubernur suatu daerah. Penetapan upah minimum sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku untuk seluruh daerah yang terletak pada satu Provinsi dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) yang berlaku untuk satu daerah Kabupaten/Kota.

Di Jawa Timur terdapat 38 Kabupaten dan Kota dan semuanya memiliki jumlah UMK yang berbeda pula. Sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Timur (Pergub Jatim) Nomor 68 Tahun 2015 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Timur Tahun 2016 tertanggal 20 November 2015, UMK tertinggi dalah Kota Surabaya sebesar Rp 3.045.000, dan terendah adalah Magetan (dan sekitarnya) sebesar Rp 1.283.000. Dan UMK Jember sebesar Rp 1.629.000.

Perbedaan UMK disetiap daerah tergantung pada banyak aspek, salah satunya adalah perkembangan perekonomian Kabupaten/Kota tersebut. Jember yang merupakan pusat regional di kawasan Timur Tapal Kuda, adalah sebuah Kabupaten yang sedang berkembang perekonomiannya. Banyak pembangunan yang terus berlangsung untuk menunjang kemajuan perekonomian Jember. Sehingga banyak alasan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Jember 2016 layak sama dengan UMK Surabaya.
  1. Infrasturktur perekonomian Jember terus berkembang.
  2. Pembangunan Gedung
    gambar: bisnis.liputan6.com
    Jember yang digadang-gadang sebagai pusat regional di kawasan Timur Tapal Kuda Pulau Jawa terus melakukan banyak pembangunan. Mulai dari pelebaran jalan, renovasi tempat pendidikan dan yang paling baru adalah adanya pembangunan sebuah mall besar yang rencananya akan diisi dengan banyak usaha franchice kelas nasional sampai internasional. Tidak hanya itu, sampai hari ini tempat tongkrongan anak muda seperti cafe terus buka dan menjamur.


  3. Harga BBM di Jember dan Surabaya tidak berbeda.
  4. Harga BBM di semua kota sama
    gambar: bisnis.liputan6.com
    Tidak hanya antara Jember dan Surabaya, tapi harga BBM di seluruh Indonesia yang dijual oleh Pertamina berharga sama. Harga premium      Rp 7.400 per liter, harga pertamax Rp 8.850 dan harga solar Rp 6.700.


  5. Harga angkutan umum di Jember dan Surabaya sama.
  6. Angkutan Umum Jember
    gambar: www.jembergo.com
    Banyak tidak menyadari bahwa harga angkutan umum seperti angkutan kota di Jember dan Surabaya sama sebesar Rp 5.000. Angkutan kota Jember yang sering disebut dengan sebutan "lin kuning" itu memasang tarif jauh dekat sama.


  7. Tidak ada beda harga makanan franchise di Jember dan Surabaya.
  8. Ka Ep Si
    gambar: en.wikipedia.org
    Tidak dapat dipungkiri bahwa fast food adalah favorit masyarakat dari kalangan mana pun. Makanan-makanan ini biasanya dipasarkan oleh perusahaan waralaba yang memiliki jaringan luas berskala nasional bahkan internasonal. Sebut saja mulai dari ayam goreng, roti isi, makanan jepang, pizza dan lain-lain, asal perusahaan yang menjual sama maka harganya sudah dipastikan sama di Seluruh Indonesia.


  9. Tidak hanya makanan, tapi harga minuman juga sama.
  10. Produk Lacola
    gambar: www.thedrum.com
    Minuman dalam kemasan pun memiliki harga yang sama di seluruh Indonesia. Tidak hanya minuman dalam kemasan seperti jus atau soft drink, air mineral pun harganya sama kok!


  11. Harga barang elektronik pun sama, bahkan lebih murah Surabaya.
  12. Toko Barang Elektronik
    gambar: photo.liputan6.com
    Harga barang-barang elektronik seperti handphone, televisi, radio, dan banyak lagi lainnya antara Jember dan Surabaya relatif sama. Dan tak bisa dipungkiri bahwa harga barang elektronik di Surabaya lebih murah di banding di Jember. Lalu kenapa UMK di Jember jauh lebih kecil dari pada UMK Surabaya!!??


  13. Harga deterjen tetap sama.
  14. Deterjen Bubuk
    gambar: www.amazine.co
    Satu lagi yang tak kalah penting dari urusan perut, kebersihan. Harga sabun, detergen sampai pasta gigi sudah pasti sama karena memiliki produsen yang sama.


  15. Harga nasi kucing sama saja.
  16. Nasi Kucing
    gambar: photobucket.com/user/sinclairzzz
    Bisa di bilang makanan fast food yang dijual oleh perusahaan waralaba adalah makanan mewah yang tidak semua kalangan bisa membelinya karena harganya yang selangit. Ada sebuah makanan yang menjadi favorit masyarakat apa lagi kalau bukan nasi kucing. Harga nasi kucing di Surabaya atau Jember sama saja, hanya 5000 perak!


  17. Apalagi harga kopi.
  18. Secangkir Kopi
    gambar: health.liputan6.com
    Nasi kucing aja harganya sama, apa lagi kopi di warung kopi!? Ya sama juga cuma dua ribu perak segelas. Rasanya pun sama, hangatnya juga sama, suasana asik di warung kopi pun sama. Lalu apanya yang beda? Jelas yang beda adalah UMK Jember dan UMK Surabaya yang selisih     Rp 1.416.000.


  19. Yang paling menyakitkan itu harga toilet umum sama.
  20. Toilet Umum
    gambar: www.bllajsdphubdat.id
    Ini nih yang paling gak bisa ditoleransi. Harga toilet umum yang sama antara Jember dan Surabaya sebesar Rp 2000. Ini biaya untuk apa!!??


Sepuluh alasan tersebut dapat menjadi pertimbangan pemerintah agar UMK Jember 2016 nanti bisa naik menyamai UMK Surabaya. Namun ada sebuah alasan penting yang dapat mematahkan sepuluh alasan diatas. Kini di tahun 2015, UMK Jember hanya Rp 1.460.500 namun lapangan kerja di Jember sangat sedikit sekali. Kita bisa bayangkan, dengan UMK sebesar itu saja lapangan pekerjaan sulit apa lagi dengan UMK sebesar Surabaya?

Meski di Jember terdapat sebuah Universitas yang dapat dibangkan, Universitas Jember, namun hal ini tidak dapat menjadi daya tarik untuk menarik investor membuka usaha di Jember. Semoga pembangunan infrastruktur yang terus digenjot Pemerintah Kabupaten Jember akan menarik perhatian para investor nanti sehingga mimpi UMK Jember sama dengan UMK Surabaya dapat segera terwujud.


0 Response to "Inilah Alasan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Jember 2016 Layak Sama Dengan UMK Surabaya"

Posting Komentar