Jadwal Bulan Berkunjung ke Jember 2015

Selamat Berkunjung ke Jember
Selamat Berkunjung ke Jember
Jadwal Bulan Berkunjung ke Jember 2016 adalah agenda rutin tahunan yang diadakan Jember untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Gagasan bulan berkunjung ke Jember adalah meraik minat wisatawan untuk berkunjung ke Jember dengan acara-acara yang diadakan dipusat kota dan beberapa tempat wisata Jember. Banyak acara unik yang diadakan pada perhelatan akbar tahunan ini salah satu yang ditunggu-tunggu adalah Jember Fashion Carnaval, sebuah karnaval fashion terbesar se-Indonesia bahkan terkenal dalam perhelatan internasional hingga diakui menjadi salah satu karnaval terbesar didunia.

Masih banyak acara akbar yang secara rutin dilakukan untuk memeriahkan bulan berkunjung ke Jember. Tidak hanya acara kesenian seperti JFC namun acara bertajuk olahraga pun disuguhkan pada perhelatan tahunan akbar di Jember ini. Salah satu acara olahraga yang sudah bertahun-tahun diadakan di Jember adalah Tajemtra yaitu gerak jalan tradisonal sejauh 30km.

Sebenarnya sangat disayangkan acara besar seperti ini tidak diadakan saat ulang tahun Jember pada 1 Januari. Namun tak jadi masalah serius karena tujuan perhelatan akbar ini adalah turut merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut Jadwal bulan berkunjung ke Jember yang pada tahun ini bertajuk "Jember Untuk Dunia" dan akan diselenggarakan sejak tanggal 25 Juli 2016 sampai penghujung bulan Agustus.
  1. Acara Pembukaan (25 Juli 2015)
    Diadakan pentas seni yang menampilkan artis ibu kota seperti Budi Doremi, Citra Scholastika, Cita Citata, Wandra dan Suliana. Acara ini akan diselenggarakan sejak puluk 19.00 hingga selesai.

  2. Funbike (26 Juli 2015)
    Acara yang akan dimulai pukul 06.00 di Alun-alun Jember ini merupakan salah satu acara favorit Bupati Jember, MZA Djalal, adalah funbike (selain offroad motor trail). Acara ini diagendakan menjadi 2 kelas, yaitu kelas 100km dan kelas 25km dengan start dan finish di Alun-alun Jember.

  3. Jember Adventure Trail (JERAT) (1-2 Agustus 2015)
    Acara ini akan mempertontonkan ketangkasan para pehobi motor trail. Dimulai pada Sabtu 1 Agustus 2015 berstart di Alun-alun Jember. Acara ini merupakan salah satu acara yang ditunggu di jadwal bulan berkunjung ke Jember.

  4. Drag Bike (1-2 Agustus 2015)
    Bukankah tanggal 1-2 Agustus 2015 ada acara bertema spedah motor juga di Alun-alun? Ah ya memang ada, tapi berbeda tema. Acara yang diselenggarakan di Alun-alun adalah acara motor trail sedangkan drag bike adalah acara untuk pebalap drag race yang diselenggarakan di jalan Gajah Mada (depan BCA). Lebih tertarik untuk menonton motor trail atau drag bike? Tanggal 1-2 Agustus ada pilihannya.

  5. Gerak Jalan Tajemtra (8 Agustus 2015)
    Tajemtra merupakan singkatan dari Tanggul - Jember Tradisional. Meskipun mengusung kata 'gerak jalan' namun sebenarnya acara ini tidak mengharuskan pesertanya berbaris rapi berjalan dari Tanggul ke Jember yang berjarak 30km. Boleh perorangan juga boleh beregu, tak sedikit masyarakat Jember yang berminat acara ini.

  6. Downhill Seri Nasional Rembangan (15-16 Agustus 2015)
    Rembangan adalah satu daerah wisata Jember yang terletak di dataran tinggi Lereng Selatan Pegunungan Argopuro. Jember pada 1 Januari. Namun tak jadi masalah serius karena tujuan perhelatan akbar ini adalah turut merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Jadwal bulan berkunjung ke Jember di pertengahan Agustus adalah olah raga downhill. Rembangan dirasa cocok menjadi sirkuit downhill yang akan diadakan pada 15-16 Agustus nanti.

  7. Jambore Motor (15-16 Agustus 2015)
    Pada 15 Agustus 2015 akan diadakan Jambore Nasional Motor Besar di Gedung Serba Guna GOR Kaliwates, Jember. Keesokan harinya, 16 Agustus 2015, dilanjutkan dengan acara Jambore Nasional Motor Kecil di tempat yang sama.

  8. Airshow dan Jember Beach Game (23-24 Agustus 2015)
    Papuma dan Watu Ulo merupakan 2 pantai tersohor di Jember. Pada 23-24 Agustus 2015 nanti akan ada pertunjukan udara seperti paramotor dan gantole di kedua pantai tersebut. Dan dilanjutkan dengan game-game yang dikhususkan untuk masyarakat Jember seperti tarik tambang, patil lele, dan lomba layang-layang.

  9. Jember Fashin Carnaval (26-30 Agustus 2015)
    JFC ke-14 ini diadakan selama 5 hari. Hari pertama akan dilakukan photo contest di Alun-alun Jember dengan model peserta JFC. Hari kedua diisi dengan Kids Carnival. Hari ketiga adalah Artwear Carnival. Hari keempat sebuah karnaval bertajuk Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI). Dan hari kelima, hari yang paling ditunggu dari jadwal bulan berkunjung ke Jember Grand Carnival of Jember Fashin Carnaval yang merupakan acara puncak dari JFC.

  10. Exhibition at Alun-alun Jember (24-30 Agustus)
    Untuk memeriahkan acara di Alun-alun Jember terdapat pameran batu akik dan origami yang sekaligus menjadi penutup acara bulan berkunjung ke Jember.
Semoga tujuan utama dari acara ini, menarik minat wisatawan untuk datang ke Jember, berhasil dengan sukses dan sebagai batu loncatan agar perekonomian Jember terus berkembang. Yuk mari bersama menyaksikan dan menyukseskan acara Bulan Berkunjung Ke Jember.

Sumber: jemberkab.go.id - Jember Untuk Dunia


14 Responses to "Jadwal Bulan Berkunjung ke Jember 2015"

  1. Bakalan rame jember yo, sambut Jember Untuk Dunia

    BalasHapus
  2. padet banget acaranya
    bakalan seru tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih padet... tapi sayang sekali nggak ada acara penampilan seni khas Jember atau pameran yang memerkan makanan yang Jember Banget.

      Hapus
  3. kalo festival bunga yang dulu pernah diadain di jember juga bukan sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Festival bunga? nggak pernah ada di Jember kok... Atau saya yang katrok gak pernah tau acara di kota sendiri hahaha...

      Hapus
  4. Acaranya seru-seru yak. Terutama yang downhill :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga saja seru dan bisa menjadi acara sesuai dengan tujuannya.

      Hapus
  5. Acara musiknya Ƙººk cuma q awal saja...penutupannya Ƙººk g ada.....datangin artis dong...biar jadi hiburan/penutupan pesta rakyat.....
    "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha itu sih tanya sama si Empunya acaa mas hahaha... saya gak ngerti kenapa begitu. Mungkin karena penutupannya ada acara JFC kali ya.

      Hapus
  6. Tanggal berapa lomba layangan hias di adakan dan di mana
    apakah orang daerah lain bisa ikut lomba layangan hias

    BalasHapus
    Balasan
    1. Layangan hias tanggal 23-24 Agustus di Pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma

      Hapus
  7. Kalau Grand Carnival JFC acarnya mulai jam berapa, tempatnya dimana, harga tiket masuknya berapa?butuh banget infonya. Terima Kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grand Carnaval JFC mulai jam 10an. Catwalk dari Alun-alun Kota Jember sampai ke GOR Kaliwates Jember. Harga tiket masuk bisa dilihat di web resmi JFC (mulai dari Rp 150.000 sampai 700.000). Terimakasih...

      Hapus