Apa Visi dan Misi RUDYS Tailor?

visi-dan-misi
Wawa Main HP di RUDYS Tailor
Apa Visi dan Misi RUDYS Tailor? - Sejak awal Januari 2014 sampai akhir April 2014 RUDYS Tailor ditempati siswa peserta Praktek Kerja Industri SMK Negeri 3 Jember. Kebetulan kami mendapat 2 siswi. Keduanya cantik, keduanya, cakap, cerdas, tanggap, dan ulet. Dan pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setelah praktek kerja industri selesai, salah satu dari siswi tersebut bertanya padaku, "Mas visi dan misi RUDYS Tailor apa ya?", yang akan digunakan untuk menulis laporan prakteknya.

Visi dan misi itu apa? Aku dan ayah sama-sama bingung mengenai hal ini. Pentingkah? Apakah sebuah usaha tanpa visi dan misi yang jelas merupakan usaha yang gagal? Andai memang visi dan misi itu tidak penting, lalu kenapa pula perusahaan-perusahaan besar itu memilikinya? Mereka besar karena memiliki visi dan misi atau harus besar dulu baru bisa memiliki visi dan misi yang jelas? Ah sudahlah, lebih baik cari pengertian dan perbedaan kedua kata tersebut terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan; pandangan atau wawasan ke depan; gambaran masa depan suatu individu, kelompok, maupun organisasi yang realistis, kredibel dan atraktif. Sedangkan misi adalah tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi sesuatu yang diyakininya, agama, ideologi, patriotisme dan lain lain. Atau bisa disederhanakan bahwa visi adalah mimpi, dan misi adalah cara kita menggapai mimpi itu.
"Orang boleh lahir dimana saja, tapi mimpi letaknya dilangit" - Anies Baswedan
Wah kalau pengertiannya seperti itu, merupakan hal yang penting suatu perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas. Jangankan perusahaan, manusia biasa pun harus memiliki mimpi dan mimpi memiliki konsekuensi yang besar. Konsekuensi dari mimpi adalah usaha mewujudkan mimpi itu. Karena mimpi tanpa usaha sama dengan nol besar, tak akan menghasilkan apa-apa.

Sejak didirikan dulu, jelas RUDYS Tailor memiliki mimpi dan kerja nyata untuk mewujudkannya. Sejak didirikan di Jember pada pertengahan 1995 lalu, RUDYS Tailor terus jatuh bangun. Letak toko pun tak tetap, berpindah-pindah mengikuti masa kontrak toko. Pelanggannya pun terus berkembang, baik jumlahnya maupun tingkatan pemesanannya.

Jelas RUDYS Tailor memiliki visi dan misi, tapi tak pernah dituliskan ataupun disebutkan, tak pernah dijelaskan mau dibawa kemanakah perusahaan ini? Visi dan misi perusahaan selalu fluktuatif mengikuti zaman. Sudah banyak model baju yang pernah di jahit di RUDYS Tailor. Mulai dari kemeja biasa, sampai jas untuk pernikahhan pernah kami kerjakan. Mulai dari seragam anak sekolahan sampai seragam salah satu hotel ternama di Kuta, Bali pun pernah kami kerjakan.

Satu hal yang masih belum pernah kesampaian sampai sekarang adalah menjadi usaha kreatif, yaitu memiliki desain sendiri yang kami kerjakan. Selama ini kami mengerjakan model sesuai pesanan dari pelanggan. Mungkin hal itu bisa menjadi visi dalam jangka panjang RUDYS Tailor. Dengan begitu, misinya adalah mencari bakat-bakat desainer yang dapat kami rekrut, karena dalam perusahaan ini, tidak ada yang memiliki bakat desain ataupun latar belakang pendidikan sebagai desainer.

Visi dan Misi RUDYS Tailor:
  • Visi: Menjadi penjahit yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang murah.

  • Misi:Memberikan pelanggan kepuasan tertinggi dari segi kualitas, mutu, dan ketepatan waktu pengerjaan pesanan.


0 Response to "Apa Visi dan Misi RUDYS Tailor?"

Posting Komentar