Buatku Tak Ada Kata Kalah Dalam Lomba Menulis ala Bogger


Buatku tak pernah ada kata kalah dalam lomba menulis ala bogger. Terlihat sombong dan angkuh ya kata-katanya? Ya begitulah kalau bacanya cuma pakai mata saja. Tak pernah ada kata kalah bukan berarti selalu menang. Buatku lomba menulis di blog hanya ada pemenang yang mendapat hadiah dan tidak ada peserta yang kalah.

Sebelum Agustus 2013 lalu, aku tak pernah mengenal tentang lomba menulis di blog, yah meskipun aku membuat blog terhitung sejak Desember 2008 dan aktif menulis diblog ini sejak 2011. Sebelum itu menulis ala kadarnya dan terkesan asal-asalan. Lomba pertama yang aku ikuti adalah lomba menulis Nekad Traveler oleh Telkomsel. Dan sejak itu aku mulai mencari info lomba menulis lainnya. Meskipun baru dua kali mendapat hadiah dari lomba-lomba tersebut, ada banyak manfaat yang kudapatkan dari mengikuti lomba menulis di blog. Itulah mengapa aku mengatakan tak pernah kalah dalam lomba menulis atau orang banyak bilang give away, kontes ngeblog dan lain-lain, aku menikmati semua manfaat yang kudapatkan itu.
  1. Dapat ide tema dan judul menulis. Kalaupun tidak diikutkan lomba, pasti ide tulisan itu suatu saat akan dituliskan juga bukan? Dengan mengikuti lomba, ide-ide fresh selalu bermunculan. Setidaknya bisa menambah koleksi artikel di blog.
  2. Ajang mengenal blogger lain. Setelah mendaftar lomba, pasti sifat kepo untuk mengetahui tulisan para peserta lomba tidak dapat dibendung. Dari situ kita akan tahu karakteristik tulisan para peserta lain.
  3. Tempat mempromosikan blog. Masih terkait dengan alasan nomer 3 diatas, dengan mendaftar lomba, secara tidak langsung mempromosikan blog melalui blog penyelenggara lomba.
  4. Menambah trafic dan komentar di blog. Setelah dipromosikan pasti trafic kita bertambah dong, dari situ para blogger biasanya saling bersilaturahmi dengan saling berkomentar antar peserta lomba. Setidaknya pengunjung yang pasti datang untuk membaca adalah penyelenggara lomba sendiri, dan biasanya turut berkomentar sebagai tanda artikel telah terdaftar dan penyelenggara telah membaca artikel tersebut sekaligus untuk berterimakasih karena telah mengikuti lomba yang telah diselenggarakannya. Meskipun ada juga penyelenggara yang tidak berkomentar pada artikel yang diikut sertakan dalam lomba, yang mengakibatkan para peserta bertanya-tanya "Apakah artikel saya sudah dibaca oleh penyelenggara?".
  5. Menambah kemampuan menulis. Semakin banyak kita mencoba menulis, semakin terasah kemampuan menulis kita. Saat pengumuman pemenang lomba muncul, kita jadi tau seperti apa pemenang yang diinginkan oleh penyelenggara.
  6. Mengetahui seberapa jauh kemampuan menulis. Standarisasinya cukup mudah, ketika belum menjadi pemenang, itu berarti tulisan kita masih belum sesuai dengan keinginan penyelenggara lomba.
  7. Bisa menambah backlink juga. Beberapa penyelenggara biasanya menambahkan sebuah artikl khusus yang berisi nama dan judul artikel peserta lomba dengan diberi link aktif.
Jadi tak pernah berkecil hati saat tidak menang lomba, aku juga tidak pernah takut mengikuti lomba menulis di blog. Karena tak pernah ada kata kalah dalam lomba menulis ala bogger.




21 Responses to "Buatku Tak Ada Kata Kalah Dalam Lomba Menulis ala Bogger"

  1. Mengasah kemampuan seo apalagi hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak pernah ikutan yang SEO mas, cuma coba-coba lewat Gerakan PKK Warung Blogger aja sih, itupun selalu gagal hehehehe

      Hapus
  2. iya juga ya, selama ini aku ngga ikut lomba menulis karena selalu kalah. pengen menang. Bikin aku mikir ulang, kalau ikut lomba menulis itu kita sebenarnya kita udah jadi pemenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... dijamin gak bakalan kalah deh :)

      Hapus
  3. betul bingiiit...
    selain itu, dengan kita ikut giveaway atau semacamnya, kita juga bikin seneng yang bikin giveaway lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nambah seneng orang lain, nambah pahala juga dong ya? Sip sip...

      Hapus
  4. betul banget, gue juga suka ikutan lomba2:D benar semua tuh pointnya klo ikutan giveaway bisa dapet ke 7nya semua:D, klo gitu gue nunggu lomba dari blog ini ah:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaaaa... Masih lamaaaaaaaaaaaaaaa belum ada dana :D

      Hapus
  5. Setuju sekali-pake-banget. Karena beberapa kali sempat ikutan juga dan malah nambah kenalan baru waktu sama-sama saling berkunjung ke blog peserta lain. Sekalian bikin seneng yang punya lomba juga sih. Nambah peserta. Apalagi kalau itu giveaway pertama hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenalan banyak, traffic semakin kenceng deh wuzz

      Hapus
  6. Bener pakdhe Insinyur!! Karena semakin sering kalah, semakin dekatlah dengan kemenangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Errrr... Pakdhe... setua itukah gue? @_@
      Ah udah dibilang gak ada yang kalah kok :D

      Hapus
  7. Balasan
    1. Alhamdulillah kalau benerr pake banget lagi.

      Hapus
  8. True! Gue jua pernah ikutan lomba blog, tapi belum pernah menang. Yaaa itu memang wajar. Namanya juga kompetisi. Ada menang dan aja juga kalah. Hehe :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak menang bukan berarti kalah loh...

      Hapus
  9. Iya.. kalo gue sih iseng-iseng ikut lomba blog.. asal lagi mood dan ada waktu luang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama, kalau ada waktu luang sama tema lomba sesuai dengan hati.

      Hapus
  10. menang kalah itu hal biasa dalam perlombaan kak ;)
    yang penting pengalaman itu yang utama :)

    BalasHapus
  11. Setuju banget gue, bisa mengasah kemampuan nulis lo sekaligus ngisi waktu luang. Btw gue ada info bagus nih, kompetisi menulis tentang salah satu mobil ternama di Indonesia, coba cek aja disini http://kompetisimenulis.com/

    BalasHapus