Anak SMA Penuh Semangat - KASATMATA

Anak SMA
Anak SMA - KASATMATA
Anak SMA merupakan tema yang diangkat oleh tim PKK Warung Blogger kali ini. PKK yang dimaksud bukan Program Kesejahteraan Keluarga yang bertujuan sebagai program pembangunan masyarakat, PKK Warung Blogger berbeda. Yang jelas tidak perlu menyanyikan sebuah mars yang sepenggal liriknya berbunyi, "Marilah hai semua Rakyat Indonesia membangun segra. Membangun kluarga yang sejahtera dengan PKK.”. Peduli Kata Kunci, sama-sama program pembangunan masyarakat, tapi program ini bertujuan untuk membangun moral para penikmat internet yang doyan sekali berselancar menanyakan wangsit pada Si Mbah Google mencari ini dan itu, mencari informasi yang penting atau tidak penting bahkan gambar-gambar yang mereka butuhkan untuk kepentingan mereka.


Anak SMA memiliki darah remaja yang beranjak dewasa. Selalu bergairah dan bresemangat. Seperti lirik sebuah lagu dangdut, "Darah muda darahnya para remaja... Yang selalu merasa gagah, tak pernah mau mengalah.". Begitulah aku dan teman-temanku SMA dulu. Sama-sama masuk SMAN 2 Jember ditahun 2004, saat kelas sepuluh kami semua masih terpisah dan terpencar pada delapan kelas yang ada. Sepuluh-Satu, Sepuluh-Dua, Sepuluh-Tiga, Sepuluh-Empat, Sepuluh-Lima, Sepuluh-Enam, Sepuluh-Tujuh, dan Sepuluh-Delapan. Aku sendiri berada pada sepuluh-delapan. Setelah sama-sama naik kelas ke kelas 2, kami masuk kelas yang sama, Sebelas IPA 1. Dengan wali kelas kami saat itu Bu Retno, guru kimia kami.

Anak+SMA
Sebelas IPA 1 dan Wali Kelas
Layaknya Anak SMA lainnya, kami juga membuat akronim untuk kelas kami. Saat kelas sebelas kami memilih JAPAN sebagai akronim kelas kami. JAPAN merupakan kependekan dari Jawara IPA One. Aneh dan terkesan memaksakan? Aku pikir juga begitu, tapi aku yakin masih banyak temen-temen lain yang menggunakan akronim yang lebih aneh dan lebih memaksakan lagi. Yang penting dengan akronim itu kita bisa berprestasi to? Akronim sangat penting untuk memudahkan memanggil kelompok kelas saat ada lomba antar kelas, dan bisa juga untuk menonjolkan kelas, karena semakin bagus akronim, semakin dikenal juga kelas kita.

Banyak lomba antar kelas yang diadakan Anak SMA. Untuk mengukur kekompakan antar kelas dan prestige antar kelas. Lomba yang paling ngetren saat itu adalah Pertandingan Sepak Bola Antar Kelas yang diadakan setiap tahun di SMADA. Kelas kami waktu itu lumayan menjadi kelas favorit karena banyak terdapat siswa yang berbakat dalam bidang sepak bola. Aku? Aku sering kali cuma menjadi penonton dan suporter bersama teman-teman lain yang tidak hobi bermain bola, setiap orang punya hobinya masing-masing bukan? Kalaupun ikut bermain, cuma menjadi pemain belakang. Aku kurang suka sepak bola, dan tidak mahir dalam permainan ini. Dan pada akhirnya kelas kami tidak berhasil mendapatkan piala tahunan tersebut.

Kasatmata
Tim Futsal Cewek Kasatmata
Lomba untuk Anak SMA lainnya pastilah muncul saat class meeting, acara yang selalu diadakan saat merayakan kemerdekaan dan setelah Ujian Akhir Semester (sebelum menerima raport). Berbagai pertandingan dan lomba antar kelas yang diadakan untuk merefresh pikiran para siswa dan melatih kekompakan dan suportivitas siswa. Pokoknya waktu ada even ini isinya bersenang-senang saja. Meskipun jarang dapat juara satu, tapi dalam beberapa lomba kami mendapat juara dua dan tiga. Tak penting juara berapa, yang jelas waktu class meeting kami sekelas semakin dekat dan rasa kekeluargaan kami semakin besar. Suka duka kami tetap bergembira. Ah yang penting beraksi pokoknya mah.

Saat beranjak menjadi Anak SMA ke tingkat yang lebih tinggi, naik ke kelas dua belas, kami tidak dipencar atau dipisah-pisah lagi. Kami pun mengganti akronim kelas kami menjadi Kasatmata. Kasatmata merupakan akronim dari Kesatuan IPA Satu Menerjang Tantangan. Tantangan kami yang paling nyata di kelas dua belas adalah menghadapi Ujian Nasional. Tapi hal itu tidak sedikitpun mengurangi keceriaan kami seperti kelas sebelas lalu. Kami malah semakin lekat, hampir setiap minggu kami mengunjungi rumah salah satu dari kami untuk sekedar bercanda, belajar, dan yang pasti makan-makan yang waktu itu kami sebut sabtu sehat. Meskipun begitu, kami lebih sering nongkrong dirumah Aminatus.

Sempat suatu hari saat class meeting, kami saling menangisi. Saat itu, ada lomba yang berlangsung, tapi separuh dari kami membolos dan sisanya termasuk aku masih masuk untuk mendukung teman-teman yang ikut lomba saat itu. Karena kalah dan kesal, beberapa teman yang dikelas saat itu memaki teman-teman yang tidak masuk waktu itu dengan menuliskan cemoohan di papan tulis. Teman-teman yang tidak masuk saat itu pun marah ketika membaca tulisan-tulisan itu. Perang dingin hampir pecah saat itu. Beruntung masih ada teman kami yang bersikap dewasa. Bersama Wali Kelas kami, kami mulai instropeksi diri. Kami pun menyadari sama-sama salah dan akhirnya kami saling memaafkan, dan bersalaman. Ada rasa haru disana, tangispun tak terbendung. Kami pun sama-sama menangis saat bersalaman dan saling memaafkan.

Kini kami sudah bukan Anak SMA lagi. Setelah sama-sama lulus di tahun 2007, kini satu persatu dari Kasatmata sudah sukses. Beberapa dari kami ada yang sudah menikah dan bahkan sudah memiliki putra dan putri yang lucu. Aku masih ingat mimpi kami saat berkumpul bersama dulu. Kami tinggal di satu perumahan dan kami memiliki suatu usaha bersama yang menyatukan semua keahlian kami dan kami semua adalah bosnya. Kasatmata, ingatkah kalian kenangan-kenangan itu? Ingatkah kalian akan mimpi itu? Dimanapun kalian sekarang, seperti apapun keadaan kalian sekarang, salam suksesku selalu untuk kalian, do'a suksesku selalu untuk kalian. Akan kusimpan rapi kenangan-kenangan itu, bukan untuk berfikir kembali kesana. Tapi sebagai cerita untuk anak dan cucu-cucuku nanti. Untuk mengenang kembali masa-masa itu, kenangan itu, masa muda kita, mari kita teriakkan bersama yel-yel kita...

KASATMATA!!! Apaan tu!?

Anak-SMA
Kasatmata Setelah Class Meeting


Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger
Kata kunci: Anak SMA




38 Responses to "Anak SMA Penuh Semangat - KASATMATA"

  1. cie banget. kenangan yang ga bakalan terlupakan. haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye masa mau dilupain kenangan seindah itu hahaha...

      Hapus
  2. Btw lo yang mana bang? hahahaha. Aduh jadi inget, gue SMK tinggal 3 bulan lagi dan itu pasti cepet banget T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue? Di foto lulusan itu gue ada di barisan paling belakang, nomor 4 dari kanan. Foto bareng wali kelas itu yang paling belakang yang merentangkan tangan. Yang foto paling bawah sendiri itu gue yang ankat kaki paling tinggi.

      Hapus
  3. Aku anak baru di kampus dan... hahaha jadi malu kadang-kadang masih kebawa SMAnya hehehe Kalo kelasku dulu namanya REPSOL SRIDUTO. Kepanjangannya, rahasiaaaa :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar kok Asma kalo baru masuk tapi masih kebawa-bawa SMAnya.

      Hapus
  4. foto yg paling atas sih bagus nya minta ampun, tapi foto yg bawah-bawah nya jadul abis, gua kalo inget-inget jaman dulu jadi mau nangis, kayak nya lucu aja mengenang waktu jaman dulu, sedih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lah bro, lha wongn yang paling atas itu foto di studio, yang bawah-bawah ada yang pake HP jadul, ada yang pake kamera analog.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Bener kan Tadz kenangan yang ku tulis?

      Hapus
  6. Terima kasih sudah turut mendukung gerakan PKK

    Artikel sudah tercatat sebagai peserta

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Asek... dapat apa nih Mas Nuzulul?

      Hapus
  8. high school never end y bos,,,
    congratz blog.com barunya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenangannya yang never end bos... hhahaha
      Thanks ya :D

      Hapus
  9. Semangat terus Anak Muda Indonesia:D darah muda darahnya para remaja:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang selalu merasa gagah, dan tak mau mengalah... :D

      Hapus
  10. Ealah fotoku zaman itu benar2 cettar.. Hahaha :D
    Krg byk fotone dit.. Tambahi po'o..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahaha nggak ada file foto kasatmata... itu aku ambil di grup Fas.

      Hapus
  11. Masa SMA masa yg paling indah katanya... tapi memang bgt banyak kenangan indah bersama tmn2 SMA ya... terus semangat walau sdh tak SMA... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti dong... kan judulnya penuh semangat :)

      Hapus
  12. lagi demam posting anak SMA nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini semua karena Warung Blogger dengan Gerakan PKKnya.

      Hapus
  13. sangat mengagumkan... SMA emang bnyk cerita.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe iya dong SMA selalu banyak meninggalkan cerita.

      Hapus
  14. kreatif kak ;D
    jadi kangen masa SMA juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... makasih makasih...
      Yuk kita mengenang masa SMA :)

      Hapus
  15. Masa-masa SMA memang sangat menyenangkan.. Sayang fotoku pada masa-masa itu sekarang raib entah kemana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh bisa samaan gitu ya, ini juga foto-fotonya dapat dari grup Facebook temen-temen.

      Hapus
  16. bicara masa SMA, UN 2013 kemarin tidak bisa saya lupakan.. UN terburuk sepanjang sejarah, kacau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Jadi penasara ada apa dengan UN 2013.

      Hapus
  17. Baca tulisan kayak gini. Jadi ke inget jaman sekolah. Asli. :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok mengenang masa sekolah bareng-bareng.

      Hapus
  18. Aku mengingat kalian semua kawan KASAT MATA..

    Reunian yooook

    BalasHapus