Lomba Kreasi Makanan Berbasis Singkong

Lomba Kreasi Makanan Berbasis Singkong
Universitas Jember. Hari ke-3 Festival Tegal Boto 2013 diadakan acara Lomba Kreasi Makanan Berbasis Singkong. Tanaman bernama latin Manihot esculenta Crantz ini memiliki tingkatan klasifikasi sebagai berikut[1].

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Class: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Clsas: Rosidae
  • Ordo: Euphorbiales
  • Famili: Euphorbiaceae
  • Genus: Manihot
  • Spesies: Manihot esculenta Crantz
  • Sinonim: Manihot utilissima
Ngerti maksudnya? Aku gak ngerti hehehehe... maklum waktu sekolah dulu selalu dapat jelek waktu pelajaran biologi. Pelajaran yang sangat membosankan hehehe. Tapi yang jelas tanaman umbi kayu yang dikenal nama dengan ketela pohon atau pohong (orang Jember menyebutnya) memiliki beberapa zat penting untuk tubuh. Untuk takaran per 100 gram saji singkong memiliki kandungan[2]:
  • Kalori 121 kal
  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram
Semakin mumet dengan pelajaran kimia yang juga tak pernah ku pahami. Singkong merupakan makanan pengganti beras. Pemerintah mencanangkan program masyarakat tidak ketergantungan dengan beras. Dulu masyarakat Indonesia memiliki beraneka ragam makanan pokok disetiap daerah. Tapi kini masyarakat rata-rata adalah pengkonsumsi beras. Ternyata singkong bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan dan minuman loh. Dan aku baru tau waktu liat Lomba Kreasi Makanan Berbasis Singkong di Universitas Jember. Mau tau apa aja? Check this one out...

Pemandangan Saat Masuk
Penjurian
Makanan Enak Dari Singkong (Gak Tau Namanya)
Risoles Dari Singkong
Es Tape Cincau
Brownis Singkong
Sawut Cinta
Cup Cake Singkong
Spageti Singkong
Bistik Pohong (Singkong)
Kue Lapis Singkong Pandan
Roti Isi Singkong

Tart Singkong
Pizza Singkong
Pizza Mini Singkong
Celuti Gasihima (apaan yak?)
Aneka Kue Singkong
Cenil Singkong
Cenil Singkong Dibentuk Logo Unej
Tart Singkong ke-2
Wordless banget yak? Gimana gak wordless, la wong mulutku penuh dengan makanan testernya hehehe jadi gak sempet buat tanya-tanya soal bahan makanan dan cara masaknya. Penting ya? Ah yang penting kenyang :p Sebenarnya ada talk show mengenai singkong, tapi aku datang terlambat, jadi gak mengikuti talk shownya. Well... cukup sekian dan terimakasih.

Adikku



Sumber Referensi:
[1]http://kbunq.blogspot.com/2013/04/nama-latin-singkong-tingkatan.html [2]http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/07/manfaat-singkong-dan-daun-singkong.html




6 Responses to "Lomba Kreasi Makanan Berbasis Singkong"

  1. makanannya enak2 kayaknya,, jadi laper,,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang enak-enak kok... kalo lapar diprint aja terus di makan hahahahah

      Hapus
  2. Kalo ada resepnya sekalian kan tambah seru...(celuti gasihima..)apa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha wong saya cuma kebagian ngeliput abal-abal bu... bukan bagian yang ngemasak hehehe... jadi gak tau deh soal resep

      Hapus