Resmi Masuk Google SandBox

sumber ilustrasi: KOMPAS/TRI AGUNG KRISTANTO
Oke secara resmi saya umumkan blog ini, Insinyur Pikun, masuk ke Google SandBox. Dan semoga gak sampai kena banned Google. Tapi insyaAllah masih belum sampai ke tahap banned. Karena masih ada 1 posting yang terindeks oleh googole. Yaitu RUDYS Tailor Penjahit Jember Murah. Yang alhamdulillah masih terindeks oleh Google (setidaknya dikomputer saya masih terlihat saat saya mencari dengan keyword "Penjahit Jember", mungkin masih stack dikomputer saya atau bagaimana, kalaupun memang ada, saya hampir yakin link itu akan merosot dan kemudian menghilang).

Lalu apa sih Google SandBox itu? Sebenernya bisa dicari di Google dengan keyword: "apa itu google sandbox". Tapi saya masih akan memberi sedikit gambaran tentang Google SandBox, menurut yang saya pahami dari hasil browsing.  Intinya adalah, jika blog/web kita masuk kedalam Google SandBox, maka blog/web kita akan susah terindeks atau bahkan tidak akan terindeks oleh search engine GoogleAwal mula saya mengetahui blog ini masuk ke Google SandBox adalah tadi pagi. Kemarin, saya coba mencari blog saya dengan search engine Google dengan keyword "wisata alam jember", post saya yang berjudul Liburan: Wisata Alam Sekitar Jember Saat Puasa Sampai ke Bali masih terindeks Google dan masuk pada halaman 3. Tapi tadi pagi saya cari sampai ke halaman 20, tidak saya temukan. Saya coba dengan keyword lain yang biasanya mengindeks blog saya, seperti kuliner jember dan harvest moon back to nature untuk android pun tidak muncul di GoogleUntungnya masih ada satu-satunya post yang masih terindeks oleh Google seperti yang telah saya jelaskan diatas. Itupun, yang biasanya picture-nya terindeks di halaman utama, hari ini hilang total ntah kemana. Kemana-kemana... ku harus menacari kemana... Sad.

Cara mengetahui apakah blog/web kita masuk ke Google Sandbox atau tidak, cukup simpel. (1) Cari saja blog/web kita menggunakan search engine Google sesuai dengan tema blog/web kita, lalu cari apakah blog/web kita ada disalah satu halaman Google? Jika ada berarti blog/web kita selamat dari Google SandBox. Jika tidak bagaimana? masih ada cara ke-2, ke-3, dan ke-4. (2) Masukkan pada tab seacrh Google  seperti ini -->  site:alamat addres blog/web kita. Misal --> site:http://kerikilberlumut.blogspot.com/. (3) Cari judul utama blog/web kita di search engine Google. Misal untuk blog ini judul utamanya adalah Insinyur Pikun. (4) Buka alamat berikut, http://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm, dan masukkan alamat addres blog/web kita disana. Dari cara (1), (2), (3), dan (4) yang saya coba, hanya cara ke-2 yang berhasil mengindeks blog saya. Yang paling mengecewakan adalah cara ke-3 ini. Saya coba mencari kata: Insinyur Pikun pada search engine Google  tapi blog saya sama sekali tidak muncul (BAYANGKAN DICARI DENGAN JUDUL UTAMANYA SAJA GAK MAU MUNCUL, BAGIMANA TIDAK PUSING?). Khusus untuk cara ke-4, saya mendapat besar sebagai berikut "Your site is still in google Sandbox. Contact support@searchenginegenie.com to get you out of Sandbox.". Karena penasaran, saya coba memasukkan beberapa alamat blog, tapi hasilnya... masih muncul pesan tersebut. Jadi web tersebut (cara ke-4) perlu dipertanyakan kredibilitasnya. Atau mungkin kita sepakat untuk menhapuskannya dari cerita ini? Jangan dihapuskan lah... tapi dilupakan saja hahahaha.

Apa penyebab masuk Google SandBox? Dari hasil blog walking-walking, saya temukan penyebabnya adalah sebagai berikut. 
  1. Melakukan optimasi yang terlalu berlebihan. Sudah hampir 2 tahun lebih saya tidak melakukan optimasi blog ini, dan sudah selama itu pula blog ini aman dari Google SandBox.
  2. Terlalu banyak Ping yang di submit dalam sehari. Pengunjung blog saya rata-rata skitar 100, tapi sejak ikut kontes blog di Telkomsel, pengunjung blog saya melonjak.
  3. Terlalu banyak Backlink yang masuk. Selama ikut kontes blog di Telkomsel, saya iseng-iseng memberi komentar pada blog yang mengikuti kontes tersebut. Mungkinkah ini yang menyebabkan blog saya masuk ke Google SandBox?
  4. Artikel Copas (Copy Paste) atau disebut juga sebagai plagiat,dan kalau copas tidak dikasih Link sumbernya. Saya selalu mencantumkan link, jika saya mengkopi artikel atau gambar dari suatu blog/web. Contohnya saja pada post ini, saya mencantumkan alamat asli.
  5. Terlalu banyak mengulang kata yang sama dalam suatu postingan. Saya masih bingung dengan penyebab nomor 5 ini. Bagaimana tidak? Ambil saja post ini, saya menulis tentang Google SandBox, bagaimana bisa saya tidak banyak mengulang kata? Menggunakan kata ganti ini, itu dan lain-lain? Saya nggak ngerti.
  6. Google melakukan perbaikan pada algoritma sistem search engine mereka. SEMOGA SAJA BEGITU.
  7. Web/blog mengandung virus. Tidak!
  8. Mengikuti Program Paid to review. Tidak!
  9. Jarang diupdate. Bisa jadi!
  10. Terlalu banyak meninggalkan komentar yang tidak berhubungan (spam) pada blog/web orang lain. Bisa jadi! Sesuai dengan penjelasan nomor 3.
  11. Peningkatan Traffic blog yang terlalu drastis baik disearch engine maupun jumlah pengunjung padahal umur blog masih baru. Bisa Jadi!
  12. Melakukan spam keyword pada search engine. Bisa Jadi! Karena terlalu bernafsu untuk memasukkan post Liburan: Wisata Alam Sekitar Jember Saat Puasa Sampai ke Bali pada search engine Google, saya jadi kelepasan. Biasanya saya spam cuma sampai 50-100 klik perhari. Tapi karena kemarin sibuk main game Ragnarok Online 2 ditambah badan agak kurang fit, jadi kelepasan sampai angka 330. Saya terlalu bernafsu untuk meningkatkan SEO, bukan karena kompetisi blog dari Telkomsel. Melainkan memang saya ingin membuat satu keyword baru, yaitu tentang wisata di Jember. Dan ini merupakan pra usaha saya untuk menambah iklan untuk usaha saya. Karena sebentar lagi saya bersama keluarga akan mencoba membuka sebuah usaha baru. Apa itu? Tunggu saja tanggal mainnya :)
  13. Ditemukannya link ke atau dari website-website yang termasuk dalam kategori “penjahat”, seperti ga*bling, po*no, SEO aliran hit*m dan lain-lain. Tentu saja tidak!
  14. Ditemukannya hal-hal yang melanggar Google Webmaster Guidlines pada website yang bersangkutan. Ntah lah... saya tidak mengerti mengenai Google Webmaster Guidlines.
  15. Adanya pelanggaran terhadap pemasangan Google Adsense pada blog/website kita (Google mengawasi ketat blog yang punya Google Adsense). Saya tidak memasang Google Adsense. Hanya saja kemarin saya iseng memasang gambar Google Chrome pada blog saya (di link ke Google Chrome). Itu hanya untuk rasa terimakasih dan rasa suka saya terhadap Google Chrome. Dan itu baru kemarin, mana mungkin saya salah gunakan? Itupun bukan Google Adsense.
Jadi yang perlu digaris bawahi adalah penyebab nomor 3, 5, 9, 10, dan 12. Lalu apakah itu penyebab blog saya masuk ke Google SandBox? Bisa jadi... bisa jadi... bisa jadi... lah kok malah seperti adegan tebak kata di acara Eat Bulaga? hahahaha...

Bagaimana cara mengatasi dan mengeluarkan blog/web kita dari Google SandBox? Setelah saya cari-cari di Google tentang Google SandBox, yang saya temukan hanya sebab-akibatnya saja, tidak ada cara yang signifikan untuk mengeluarkan blog/web kita dari Google SanBox. Tapi rata-rata menginformasikan: TAWAKAL dan BERDO'A Kepada Allah SWT agar blog/web kita cepat keluar dari Google SandBox dan pihak Google mau berbaik hati dan memaafkan apapun kesalahan kita.

Kecelakaan Klik Sampai 330
Statistik Keyword



0 Response to "Resmi Masuk Google SandBox"

Posting Komentar