Agus Supa'at Terpilih Menjadi Ketua IPSI Jember 2021-2025 Dalam Musyawarah Kabupaten IPSI Jember

Musyawarah Kabupaten IPSI Jember

Silat Jember - Hari ini (3/1/2021), melalui surat undangan Pengrus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesi (IPSI) Jember dengan nomor 102/59/PC.08.XB-AA/XII/2020 tertanggal 22 Desember 2020, 30 perguruan (yang masing-masing diwakilkan 1 orang) menghadiri Musyawarah Kabupaten IPSI Jember IV Tahun 2021. Musyawarah di tengah pandemi ini dilakukan atas dasar telah berakhirnya masa bakti kepengurusan IPSI Kabupaten Jember dan menindak lanjuti surat dari Pengurus Provinsi IPSI Jawa Timur nomor 031/58/PD.XA/XI/2020 tertanggal 23 November 2020 perihal Pelaksanaan Musyawarah Kabupaten IPSI Jember yang harus disegerakan sesegera mungkin.

30 Perguruan Pencak Silat yang berhak menjadi peserta dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) IV IPSI Jember tahun 2021 tertuang pada Surat Keputusan Pengurus Kabupaten IPSI Jember nomor 101/59/PC.08.XB/XII/2020 tentang Peserta Musyawarah IPSI Kabupaten Jember Tertanggal 21 Desember 2020.

Anggota Tetap
No. Perguruan Pencak Silat No. Perguruan Pencak Silat No. Perguruan Pencak Silat
1 Cempaka Putih 8 Merpati Al Musyir 15 Persaudaraan Setia Hati Terate
2 Chandra Bhirawa 9 Merpati Nusantara 16 PERTASI Perguruan Tapak Sirullah
3 Gasmi 10 Pencak Organisasi 17 PPS Betako Merpati Putih
4 Hati Murni 07 11 Perguruan Asadur Rijal 18 Tapak Suci Putera Muhammadiyah
5 Kokhasito Silat Garuda Putih 12 Pencak Silat Pagar Nusa 19 PPTI Tjimande Indonesia
6 IKSPI Kera Sakti 13 Perisai Diri 20 Walet Hitam
7 Mawar Tunggal 14 Persinas ASAD  
Anggota Pantauan Aktif
No. Perguruan Pencak Silat No. Perguruan Pencak Silat No. Perguruan Pencak Silat
1 DOB Penaga 5 Nur Harias 9 Satria Alap-Alap
2 Elang Putih 6 PB Perisai Sakti Mataram 10 BS. Melati
3 ISSBDS Cipta Sejati 7 PSHW Tunas Muda  
4 Keluarga Hasdi 8 Pusaka
Selain dihadiri oleh 30 orang perwakilan dari masing-masing Perguruan Silat Jember, Musyawarah ini juga dihadiri oleh Perwakilan Pengurus Provinsi IPSI Jawa Timur, yaitu Wakil Ketua 5, Widati Ningsih dan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Hendri Sugeng. Sesuai dengan Tata Tertib yang berlaku, Perwakilan Pengurus Provinsi IPSI Jawa Timur merupakan Peninjau/Narasumber yang berhak memiliki hak suara apabila terjadi suara yang sama dalam musyawarah.

Musyawarah Kabupaten IV Tahun 2021 IPSI Jember memiliki 3 agenda penting, yaitu Pemilihan Ketua Umum masa jabatan 2021-2025 dan pembentukan Formatur Pengurus Kabupaten IPSI Jember serta pembahasan rekomendasi program kerja. Sesuai dengan Tata Tertib yang berlaku, terdapat 7 kriteria Ketua Umum, yaitu:
  1. Memahami keberadaan Pencak Silat sebagai seni bela diri Indonesia yang merupakan warisan budaya bangsa yang luhur serta bermoral.
  2. Memiliki pandanganjauh kedepan atas perkembangan dan kemajuan Pencak Silat, khususnya di Jember.
  3. Memiliki kemauan dan kesediaan berkorban untuk mengembangkan dan memajukan Pencak Silat Jember serta berkesempatan untuk menjalankan organisasi.
  4. Memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi baik dengan Pengkab-Pengkab Cabang Olahraga lainnya yang setingkat maupun dengan Instansi/Lembaga Pemerintah/Swasta dalam rangka meningkatkan prestasi dan pengembangan organisasi.
  5. Memiliki komitmen, dedikasi, motivasi dan reputasi yang tidak tercela untuk memajukan perkembangan dan peningkatan prestasi Pencak Silat di Jember.
  6. Mengisi Surat Pernyataan kesediaan sebagai calon Ketua Umum Pengkab IPSI Jember masa bakti 2021-2025.
  7. Pemilihan dan penetapan Bakal Calon, Calon dan Ketua Umum dipilih dan ditetapkan pada Sidang Pleno.

24 dari 30 perguruan mengajukan 1 nama sebagai calon tunggal yaitu Agus Supa'at, S.Pd. dari Perguruan Silat Hati Murni 07. Berdasarkan Tata Tertib Musyawarah Pasal 25 ayat 4 tentang Tata Cara Pengajuan Bakal Calon Ketua Umum Pengkab IPSI Jember Masa Bakti 2021-2025, tertulis "Bahwa apabila Bakal Calon Ketua Umum diajukan oleh Pengurus Kabupaten IPSI Jember demisioner dan atau Bakal Calon Ketua Umum yang diajukan oleh Utusan Peserta Muskab IV IPSI Jember Tahun 2021 tersebut mendapatkan persetujuan lebih dari ½ (setengah) tambah satu dari total peserta Muskab, maka secara aklamasi dapat ditetapkan sebagai Ketua Umum terpilih", maka Agus Supa'at, S.Pd. terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Kabupaten IPSI Jember masa bakti 2021-2025.

Dalam musyawarah tersebut, H. Jono Wasinudin, S.Kep, M.Si. dari Perguruan Persaudaraan Setia Hati Terate sebagai anggota Tim Formatur utusan Pengkab IPSI Jember Demisioner dan H. Dr. Sofyan Tsauri, M.M. terpilih menjadi anggota Tim Formatur utusan dari Perguruan Pencak Silat. Selanjutnya Tim Formatur bersama Ketua Umum Pengkab IPSI Jember terpilih, Agus Supa'at, S.Pd., bertugas melengkapi susunan Pengurus Kabupaten IPSI Jember periode 2021-2025 sesuai Anggaran Rumah Tangga IPSI hasil Munas IPSI tahun 2016.

Dalam sambutan pertamanya sebagai Ketua Umum Pengkab IPSI Jember, Agus Supa'at, S.Pd., bersama Tim Formatur berjanji akan segera membentuk susunan Pengurus Kabupaten IPSI Jember. Juga berjanji selama kepemimpinannya kelak akan berusaha membawa IPSI Jember seperti tema yang diangkat dalam Musyawarah, yaitu:
  1. Wis wayahe Pencak Silat Jember bangkit berprestasi.
  2. Wis wayahe Pencak Silat Jember aktif berkegiatan.
  3. Wis wayahe Pencak Silat Jember makin guyub rukun.

1 Komentar untuk "Agus Supa'at Terpilih Menjadi Ketua IPSI Jember 2021-2025 Dalam Musyawarah Kabupaten IPSI Jember"

  1. Bersama sama kt rajut kebersamaan u.kejayaan dan kebangkitan Pengda IPSI jember

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 2