Jelajahi Tiga Tempat Wisata Alam di Garut yang Mempesona

wisata-alam-garut
gambar: www.garutkab.go.id
Wisata Alam Garut - Garut merupakan sebuah kota di Jawa barat yang sebagian besar daerahnya berupa pegunungan. Kota asal jajanan dodol ini dikenal memiliki panorama dan pemandangan khas Bumi Priangan yang indah. Karena dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang mempesona yaitu: Gunung Papandayan, Gunung Guntur, dan Gunung Cikuray.

Tidak heran jika di kota ini kita bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Untuk sampai ke kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumedang ini, kita bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi salah satunya adalah kereta api.

Ada tiga stasiun di Garut yaitu Stasiun Warung Bandrek, Cibatu, dan Leles. Stasiun-stasiun tersebut melayani rute kereta api dari dan menuju beberapa kota di Pulau Jawa seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Malang. Jika ingin mengunjungi Garut dengan kereta api, pesanlah tiket kereta api secara online di link berikut ini.

Lalu, apa saja tempat wisata alam yang bisa kita jelajahi di Kota Domba ini? Berikut ulasannya,

Kawah Kamojang
Kawah Kamojang merupakan tempat wisata berupa kumpulan kawah yang mengandung uap panas bumi. Selain menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam maupun luar negeri, uap pada kawah ini juga dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Pemerintah membangun sebuah PLTU di Kamojang dan dikelola oleh Pertamina Geothermal.
wisata-alam-garut
gambar: rinaldimunir.wordpress.com
Ada dua kawah utama di Kamojang, yaitu Kawah Kereta Api dan Kawah Hujan. Di Kawah Kereta Api, pengunjung dapat melihat semburan kawah dari dalam tanah seperti asap yang keluar dari lokomotif kereta api. Di Kawah Hujan, banyak pengunjung yang memanfaatkan uap kawah untuk sauna. Mereka akan duduk berlama-lama di dekat area kawah agar bisa merasakan manfaat uap panas bumi pada tubuh yang dipercaya baik bagi kesehatan. Dinamakan Kawah Hujan karena pengunjung yang berada di dekat kawah pasti langsung berkeringat dan basah kuyup seperti orang kehujanan.

Selain dua kawah utama tersebut masih ada beberapa kawah yang tidak memiliki nama dan pembatas. Agar terhindar dari hal yang berbahaya, gunakan guide untuk menjelajahi setiap kawah dan hutan di sekitar kawasan Kamojang.
  • Lokasi: Jalan Raya Kamojang, Garut
  • Harga tiket masuk:
    1. Weekday: Rp 5000
    2. Weekend: Rp 7500
    3. Asuransi: Rp 2000
  • Jam berkunjung: 07.00 pagi sampai 05.00 sore

Situ dan Candi Cangkuang
Jika datang dari Jakarta atau Bandung, sebelum memasuki wilayah Garut kita akan melewati sebuah kawasan wisata alam cantik dan bersejarah yaitu Situ (Danau) Cangkuang yang terletak sekitar 22 km dari pusat Kota Garut dan 3 km dari jalan raya Bandung-Garut.
wisata-alam-garut
gambar: www.wisatajabar.com
Kawasan wisata ini memiliki daya tarik berupa situ (danau) alami yang dikelilingi pepohonan rimbun. Suasana sejuk akan dirasakan saat kita memasuki kawasan wisata asri ini. Kita dapat menyewa sebuah rakit untuk menjelajahi danau atau menyeberang ke Candi Cangkuang.

Pengunjung juga bisa duduk santai menikmati bekal di atas rakit sambil menghirup udara Situ Cangkuang yang segar. Selain situ dan candi, daya tarik lain tempat wisata ini adalah beberapa bangunan tua yang terletak di perkampungan adat kecil.
  • Lokasi: Jalan Raya Desa Cangkuang, Garut
  • Harga tiket masuk: Rp2.000 (anak-anak), Rp3.000 (dewasa)
  • Harga sewa rakit: Nego
  • Jam berkunjung: 09.00 pagi sampai 05.00 sore

Pantai Santolo
Meskipun sebagian besar wilayah Garut berupa pegunungan dan dataran tinggi, tetapi kota yang terkenal dengan kerajinan kulit ini juga memiliki sedikit kawasan pantai dengan beberapa objek wisata menarik. Salah satu pantai yang sering dikunjungi para wisatawan adalah Pantai Santolo.
wisata-alam-garut
gambar: pantaimalang.com
Pantai Santolo memiliki nama lain yaitu Pantai Cilauteureun. Disebut cilauteureun karena air laut bukannya mengalir ke lautan tetapi malah mengarah ke muara sungai. Hal ini terjadi karena kawasan pantai lebih tinggi daripada daerah muara sehingga saat pasang air laut mengalir ke muara. Peristiwa langka ini hanya terjadi di Pantai Santolo dan Pantai di Perancis.

Selain cilauteureun, objek wisata alam indah di selatan Garut ini juga memiliki hamparan pasir putih yang menawan. Pengunjung bisa menjelajahi garis pantai sambil menikmati panorama alam, atau sekadar duduk santai menikmati ombak dan angin khas daerah pesisir.

Tidak jauh dari daerah pantai, terdapat tempat peluncuran roket milik LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Soal kuliner dan wahana permainan, jangan ditanya lagi. Pantai Santolo memiliki berbagai macam wahana permainan seperti banana boat dan persewaan perahu. Di sekitar kawasan pantai juga banyak ditemui restoran dan warung yang menyajikan berbagai olahan hidangan laut. Serunya, pengelola mengizinkan pengunjung untuk mendirikan tenda dan ber-camping di Pantai Santolo.
  • Lokasi: Desa Pamempeung, Kecamatan Cikelet, Garut
  • Harga tiket masuk: Rp3.500 (harga tiket berubah sewaktu-waktu)
  • Jam berkunjung: -

Jadi tertarik untuk mengunjungi Garut saat liburan nanti? Jika iya, rajin-rajinlah mencari informasi dari situs-situs wisata seperti Traveloka. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat berlibur...




1 Response to "Jelajahi Tiga Tempat Wisata Alam di Garut yang Mempesona"