LCD Laptop Lenovo Z460 Rusak Pertanda Akan Terjajah Teknologi


LCD Laptop Lenovo Z460 Rusak - Sedih sekali, laptop berumur lima tahun (pembelian tahun 2011) pemberian adek kembali rusak. Laptop yang sangat bersejarah ini, sudah beberapa kali rusak sejak 2014. Awal kerusakan laptop ini adalah layar LCD tidak dapat menampilkan apapun, hanya terlihat warna hijau saja. Saya bawa ke tempat service, ternyata hanya masalah pada OS saja.
Pengendali Arah Horizontal Wajan Bolik
Bagaimana tidak bersejarah, laptop ini telah membantu saya dalam mengerjakan skripsi saya, Pengendali Arah Horizontal Wajan Bolik Untuk Mendapatkan Sinyal Wi-fi yang Optimal. Laptop ini selalu saya bawa kemana-mana untuk dilakukan uji coba. Bahkan ke Surabaya untuk belajar pemrograman, laptop ini tak lupa untuk selalu saya bawa.
Alat Pengendali Arah Horizontal Wajan Bolik
Untuk keperluan penelitian, saya harus membawa laptop dan seluruh alat saya tersebut ke tempat-tempat yang memiliki hotspot wi-fi. Saat itu saya belum mengetahui fasilitas tethering pada handphone. Jadi mau-tidak-mau saya harus membawanya ke tempat yang memiliki hotspot wi-fi.
LCD Laptop Lenovo Z460 Rusak
Layar LCD Tidak Menampilkan Apapun
Laptop Lenovo Z460 menurut saya adalah sebuah laptop murah dengan fasilitas mewah. Di kanan atas keyboard, ada deretan tombol "semi" touchscreen yang berfungsi untuk mengatur mute, mode volume suara dan kecerahan layar, penggunaan baterai serta kecepatan kipas. Saat ditekan, terdapat menu di monitor yang dapat kita pilih dengan cara menekan ulang tombol tersebut.

Saya mengatakan tombol "semi" touchscreen ya memang hanya semi. Karena bukan layaknya tombol biasa (yang agak timbul), namun seperti sebuah touchscreen (layar sentuh) yang aktif saat disentuh namun tidak secanggih touchscreen beneran karena dalam memilih menu harus ditekan ulang sampai terpilih menu yang diinginkan.

Kini laptop murah yang canggih itu sudah rusak. Layar LCD pada laptop Lenovo Z460 milik saya tidak dapat menampilkan apapun, hanya hitam dan beberapa garis putih saja. Saya sempat berpikir mungkin penyakit minta install ulang OS kembali muncul. Setelah saya coba untuk install ulang, layar LCD tidak mau menampilkan apapun saat saya masuk BIOS. Jadi saya urungkan niat untuk menginstall ulang OS.

Saya pun iseng menyambungkan laptop tersebut dengan proyektor yang ada di kantor. Hasilnya laptop saya bisa saya gunakan dengan normal, hanya bedanya monitor yang saya gunakan proyektor, bukan LCD pada laptop.

Saya simpulkan bahwa LCD Laptop Lenovo Z460 milik saya telah rusak. Meskipun saya belum tahu pasti apakah LCDnya atau hanya kabel fleksibel LCDnya saja, saya telah memustuskan untuk membeli laptop baru. Ya saya telah merelakan diri untuk terjajah oleh teknologi. Karena saya pikir jika saya memperbaiki laptop tersebut, saya akan menghabiskan uang lebih banyak karena akan sering kambuh dengan penyakit yang sama ataupun berbeda.




2 Responses to "LCD Laptop Lenovo Z460 Rusak Pertanda Akan Terjajah Teknologi"

  1. Senasib mas. Cuman Laptop saya masih bisa dipakai walau layarnya kedap-kedip. Menurut tukang servis sih itu penyebabnya fleksibel layar. Untuk pergantian fleksibel aja biayanya 400-500rb an. Udah gitu mesti pesan. Saya. Ogah Buang-buang waktu dan duit buat beginian.

    Sekedar saran, mungkin jika mas punya tv LED yg support HDMI, bisa dijadikan layar pengganti. Layar laptop mas bisa direbahkan atau dicopot aja.

    Saya pengen begitu juga. Cuman tv saya 40 inc dan kabel HDMI cuman 1 meter, otomatis bikin sakit mata. Cocoknya sih tv 15-20 inc.

    Memang sedih rasanya barang mahal akhirny rusak kendati masih powerful untuk dipakai. Harusnya bisa diwariskan aja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, saya sudah pakai TV LED menggunakan kabel HDMI. Laptop bisa digunakan dengan baik, tapi mata saya sakit, TV yang saya gunakan (meskipun terbilang kecil) 21 inc. Harus ekstra sabar sepertinya ya hehehhe... Terimakasih mas sharingnya

      Hapus