Cara Mengembalikan Post Yang Tidak Sengaja Dihapus Pada Blogspot


Cara Memunculkan Post Yang Tidak Sengaja Dihapus - Sedih sekali itu ketika sebuah post yang dengan susah payah sudah kita buat lalu, karena mata lelah, kita tak sengaja menghapusnya. Sedih, ingin menangis tapi tak sesakit saat ditinggal nikah pacar. Stres, ingin berteriak tapi tak seberat pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Cuma bisa terdiam lesu ingin mengetik ulang, tapi inspirasi sudah terlanjur kosong. Kosong adalah hampa, hampa adalah kosong. Ah kenapa jadi seperti Tom Sam Cong begini.

Kemarin saya tidak sengaja menghapus salah satu post yang baru saja saya publish. Apakah ada cara mengembalikan post yang tidak sengaja terhapus itu? Tenang-tenang semua pasti ada jalan keluarnya. Tak perlu panik apa lagi berubah menjadi Tong Sam Cong. Berikut cara memunculan post yang tidak sengaja dihapus menurut keisengan saya.
  1. Pastikan sudah login pada blogger.
  2. Ingat kembali kapan terahir post tersebut dipublikasikan. Sejam yang lalu, dua jam, tiga jam, sehari, dua hari atau sebulan? Ingat-ingat saja kapan persisnya post tersebut terahir dipublish?
  3. Pastikan diperangkat mana post tersebut dipublikasikan. Di warnet, di laptop teman atau di laptop milik sendiri?
  4. Ingat kembali browser mana yang digunakan untuk mempubikasikan post. Chrome, mozila, internet explorer, opera?
  5. Setelah ketiga hal tersebut diingat, selanjutnya buka history browser. Cari histori blogger yang mengandung terdapat  kata "editor".
  6. History tersebut akan mengarah pada editor post pada post yang pernah kita tulis. Jika terdapat banyak history, klik satu persatu hingga ditemukan post yang tidak sengaja dihapus.
  7. Jika sudah ketemu, klik "Publikasikan".
  8. Jika terjadi kesalahan, pasti terjadi kesalah saat publish, masuk pada html editor lalu copy semua kode dan pastekan pada entry baru.
  9. Post yang tidak sengaja akan kembali ter-post sesuai dengan aslinya.

Lalu bagaimana jika, (1) lupa kapan mempublikasikan post yang terhapus, (2) lupa menggunakan perangkat mana saat mempublikasikan post yang terhapus dan (3) lupa menggunakan browser mana saat mempublikasikan post terhapus? Apakah masih ada cara untuk mengembalikan post tersebut? Tentu saja.
  1. Pastikan sudah login pada blogger.
  2. Berdo'a agar google masih atau sudah menyimpan cache post yang terhapus. Cache sebuah post akan tersimpan oleh google pada waktu tertentu (tidak segera tersimpan saat post dipublikasikan) dan hingga waktu tertentu (akan hilang pada waktu tertentu setelah post terhapus).
  3. Mengerti tentang blogID dan postID. BlogID adalah ID khusus blogger berupa deretan angka, sedangkan postID adalah ID khusus yang dibuat untuk setiap post.
  4. Buka google
  5. Ketikkan judul post yang tidak sengaja dihapus atau kata kunci dari judul tersebut diikut dengan site:alamat blog. Jika cache sudah tersimpan atau masih tersimpan, maka akan muncul artikel di google. Kalau tidak keluar langsung saja ketik site:alamat blog.
  6. Klik segitiga (panah kearah bawah), lalu klik cache. Cache post kita akan keluar (jika pada langkah 5 hanya bisa ketik site:alamat blog, cari secara manual post yang terdelete setelah cache muncul).
  7. Pada halaman cache, klik kanan lalu klik "view page source".
  8. Cari tulisan "post hentry" atau "entry-content" dan dapatkan postID.
  9. Buat newpost, lalu gantikan postID newpost dengan postID post yang tidak sengaja dihapus.
  10. Akan muncul halaman editor berisikan post yang ter-delete.
  11. Publikasikan ulang.

Jika semua langkah telah dilakukan, Insyaa Allah post yang terhapus akan kembali.

Note: sumber gambar: http://health.liputan6.com/read/724883/kenapa-menangis-itu-sehat



1 Response to "Cara Mengembalikan Post Yang Tidak Sengaja Dihapus Pada Blogspot"

  1. Terima kasih ini sangat membantu saya, walaupun link alamat tidak bisa sama lagi yang penting postnya kembali... terima kasih

    BalasHapus