Pos Wedang Cor: Ngopi Bareng Kapolres Jember Bersama Netizen dan Blogger

foto oleh: Indrij Ratsonko
Ngopi Bareng Kapolres Jember - Minggu lalu saya menerima sebuah undangan dalam sebuah pesan broadcast BBM dari Cak Oyong. Undangan tersebut mengundang saya untuk hadir pada acara ngopi bareng Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, SH., SIK., yang mengundang netizen dan blogger. Acara tersebut rencananya diadakan pada hari Jum'at, 2 Oktober 2015, di Cafe Kolong, Jember pukul 19.00. Saya sangat senang sekali mendapat undangan seperti ini, padahal saya hanya blogger yang kurang memiliki konsistensi menulis. Terlebih saya jarang sekali mengangkat tema sosial ataupun tema Jember.

Di hari yang sudah ditentukan saya mencoba datang tepat waktu ditemani seorang teman cantik saya. Namun sayangnya Kapolres datang sedikit terlambat dari jadwal yang ditentukan. Saya dapat memaklumi hal tersebut, mengingat kesibukan beliau selama menjabat sebagai Kapolres Jember. Banyak kalangan yang hadir seperti admin dari grup Facebook Info Wong Jember (IWJ), admin grup Facebook Dari Jember Oleh Jember Untuk Jember, admin twitter @infojember dan masih banyak orang penting lain.

Kapolres yang sempat menjabat sebagai Kapolres Bondowoso sebelum dipindah tugaskan ke Jember ini menjelaskan, Pos Wedang Cor merupakan bagian dari program yang diselenggarakan oleh Polres Jember, "Jember Suwar Suwir". Jember Suwar Suwir adalah singkatan dari Suasana Warga Aman, Religius, Sahabat Berwasawan Intelektual dan Kreatif. Semua itu dikemas melalui Nawa Karyatama (9 program utama). Sembilan Program Utama tersebut diantaranya adalah,
  1. Prol Tape atau Polisi Patroli Tiap Pagi dan Sore.
  2. Pos Khidmad atau Polisi Khotbah Jumat.
  3. Pos Wedang Cor atau Polisi dan Warga Cangkrukan.
  4. Pos Sagita atau Polisi Sabtu Sinergi dengan Masyarakat.
  5. Pos Papuma atau Polisi Peduli Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa.
  6. Pos Jagung atau Polisi Peduli Pekerja dan Pengangguran.
  7. Pos Perwira atau Polisi Peduli Pariwisata dan Dunia Kreatif.
  8. Pos Purna atau Polisi Peduli Perempuan dan Anak.
  9. Jempol atau Jember Polisi Online.
Menurut AKBP Sabilul Alif, melalui program ini membuahkan hasil mengungkap berbagai kasus kejahatan seperti kejahatan pembunuhan, perampokan bahkan jual-beli narkoba. Dengan program ini terjalin kedekatan dan kerjasama yang baik antara polisi dengan masyarakat Jember sehingga informasi dari masyarakat dengan mudah masuk ke Polres Jember. Informasi tersebut masuk langsung ke nomor HP AKBP Sabilul Alif sendiri dan disampaikan langsung oleh masyarakat sendiri ketika pelaksanaan kegiatan program Jember Suwar Suwir berlangsung.

Semula kegiatan Pos Wedang Cor ditujukan kepada masyarakat umum di desa-desa, bertemu dengan Danramil, Pak Camat, Kepala Desa, Kepala Dusun dan seluruh masyarakat Jember. "Sudah banyak elemen masyarakat yang diajak untuk bertemu dan menggerakkan kegiatan ini dari berbagai elemen, Saya berpikir sudah saatnya untuk bertemu dengan netizen dan blogger di Jember", ujar AKBP Sabilul Alif.

Bukan tanpa alasan AKBP Sabilul Alif ingin bertemu dengan para netizen dan blogger Jember. Seperti yang kita ketahui bersama, Desember nanti akan ada Pemilihan Kepala Daerah di Jember. Dengan pengalaman pemilu yang telah berlalu, netizen dan blogger merupakan ujung tombak dalam dunia perpolitikan saat pemilu berlangsung. Karena netizen dan blogger dapat membuat bahkan merubah dan memainkan suatu opini publik.

AKBP Sabilul Alif menginginkan netizen dan blogger tidak terseret arus black campaign dan membantu mengawal keamanan Jember, di dunia maya (sosial media), pada proses pilkada nanti.



Note: Saya tidak sempat memfoto kegiatan tersebut karena saya lupa membawa kamera, sedangkan HP standby merekam kegiatan tersebut, sehingga foto diatas saya ambil dari koleksi Bu Indrij Ratsonko di Grup IWJ.


0 Response to "Pos Wedang Cor: Ngopi Bareng Kapolres Jember Bersama Netizen dan Blogger"

Posting Komentar