Cara Menghentikan Pria Merokok

sumber gambar: id.aliexpress.com
Cara Menghentikan Pria Merokok - Saat kecil dulu saya pernah mencoba merokok. Ketika itu umur saya masih 6 tahun, saya ingat betul peristiwa itu. Sepupu saya yang jauh lebih tua dari saya mengajarkan saya dan sepupu saya yang lain (yang seumuran dengan saya) untuk merokok tanpa sepengetahuan orang tua kami. Saya saat itu hanya menjadi bahan tertawaan dua sepupu saya itu karena saya tidak menyedot rokok, tapi meniupnya sehingga tak ada asap keluar dari mulut saya. "Kamu gak berbakat merokok", ujar sepupu saya paling tua sambil tertawa. Meski malu karena ditertawakan, dalam hati, saya merasa beruntung tidak berbakat merokok karena sebenarnya saya tidak suka dengan bau asap rokok dan saat rokok menempel di mulut saya terasa pahit, hingga ingin muntah rasanya. Dan setelahnya saya tidak pernah lagi mencoba untuk merokok

Semalam ketika saya menjemput teman-cantik-saya untuk berobat ke dokter, kebetulan saya bertemu sepupunya yang pernah mengantarkan kami berkeliling saat kami berwisata ke Bali, Hamzah namanya. Saya, teman-cantik-saya, Umi teman-cantik-saya, Hamzah dan istri Hamzah mengobrol sebentar sambil menonton televisi sebelum berangkat saya dan teman-cantik-saya berangkat ke dokter.

Sambil sedikit terbatuk Hamzah mulai menyalakan rokok. Kebetulan saat itu televisi sedang menayangkan iklan dari kementrian kesehatan soal rokok, "Itu lihat lehernya berlubang karena rokok, sudah jangan merokok lagi nanti mati", ujar Umi teman-cantik-saya.

Hamzah pun menyangkal, "Susah Budhe, banyak cara tapi gak bakalan berhasil".

"Coba makan permen buat ganti rokok", teman-cantik-saya pun menimpali.

Saya, yang seorang pendiam, hanya bisa terdiam tak berani ikut larut dalam perbedebatan itu. Saya hanya ikut tersenyum sambil sesekali melihat handphone saya untuk bertanya pada Mbah Google bagaimana cara berhenti merokok. Akhirnya saya menemukan cara berhenti merokok yang ditulis pada sehatsatu.com.
  1. Bulatkan niat
  2. Meluruskan serta membulatkan niat dan tekad. Untuk apa sih berhenti merokok? Untuk kesehatan? Jelas. Untuk menghemat uang? Jelas. Dan yang paling jelas dan penting adalah melihat orang-orang terdekat, seperti orang tua, anak, istri atau pacar, menjadi sehat tanpa asap rokok.

  3. Rubah mindset
  4. Mindset kebanyakan perokok adalah rokok itu tidak berbahaya dan setiap orang pasti mati. Parahnya tidak sedikit perokok yang bermindset bahwa dengan merokok sebenarnya menolong para petani tembakau dan menambah pemasukan negara melaui cukai rokok dan toh perusahaan rokok milik orang Indonesia juga. Padahal kenyataannya kebanyakan perusahaan rokok tersebut sahamnya (sebagian besar) sudah terbeli oleh pihak asing. Dan banyak buruh rokok yang di PHK karena kini sudah ada mesin linting rokok otomatis. Dengan merubah mindset tersebut menjadi "Merokok membahayakan dan merokok adalah perpanjangan dari bentuk eksploitasi kapitalisme paling buruk thd manusia (petani dan buruh/pekerja) (merujuk kenyantaan yang ada)", akan membantu mempermudah berhenti merokok.

  5. Tanamkan rasa malu
  6. Menanamkan dan menumbuhkan rasa malu ketika merokok. Menanamkan pemikiran bahwa rokok adalah aib yang memalukan dan harus disembunyikan. Hal ini dapat membantu agar tidak seenaknya merokok ditempat umum.

  7. Jauhi teman yang merokok
  8. Seperti pengalaman masa kecil, merokok adalah kebiasaan yang ditularkan oleh pergaulan dan orang-orang terdekat. Pada web sehatsatu.com dituliskan, pepatah mengatakan jika seorang berteman dengan tukang pandai besi dia akan mendapat aroma besi di tubuhnya tapi jika seorang berteman dengan penjual minyak wangi, dia akan mendapat aroma wangi juga. Dengan berkumpul dengan orang yang tidak merokok, kita akan malu untuk merokok.

  9. Buang semua rokok
  10. Ini seperti cara melupakan kenangan dengan mantan agar cepat move on. Agar mudah melupakan mantan, kebanyakan dari kita membuang bahkan membakar semua barang pemberian dari mantan. Begitu juga dengan rokok. Agar mudah melupakan rokok, bisa dimulai dengan membuang stok rokok yang sudah ada.

  11. Makan permen
  12. Makan permen atau menghisap permen adalah salah satu cara mengalihkan pemikiran untuk merokok. Kembali ke poin merubah mindset, kembali ubah mindset bahwa rasa permen sama dengan rasa rokok.

  13. Pertahankan
  14. Keenam cara diatas akan terasa percuma ketika tidak dipertahankan. Maka satu-satunya cara pamungkas adalah dengan cara mempertahankan semua usaha dan niat.
Menurut saya yang bukan perokok, tujuh cara diatas amat susah dan bertele-tele. Saya juga tak tahu cara seperti apa yang tepat untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Bahkan merubah bungkus rokok dengan menampilkan gambar menyeramkan seperti sekarang sangat tidak efektif. Bahkan saya tak mengerti bagaimana sejarahnya sampai bungkus rokok berubah menjadi seperti sekarang. Hanya menambah kebencian saya terhadap rokok, karena setiap saya melihat gambar seram di bungkus rokok, saya merasa kehilangan nafsu makan saya.

Kemudian cletukan Hamzah memecahkan lamunan saya. "Bungkus rokok yang seperti ini, hanya menambah adrenalin kami untuk terus membeli rokok, tidak menyeramkan sama sekali", celetuknya sambil menujukkan bungkus rokok dengan gambar leher yang terbelah. "Kalau saja bungkus rokok dirubah warna pink dan diberi gambar Hello Kitty, aku akan berfikir 100x untuk membeli rokok, malu dan hina banget!", diiringi tawa kami semua.

Kata-kata Hamzah benar juga, bisa jadi hal ini adalah cara menghentikan pria merokok yang paling ampuh yang pernah ada. Kebanyakan pria alergi dengan warna pink dan segala asesoris wanita, seperti warna pink dan Hello Kitty. Jika saja bungkus rokok berwarna pink dan diberi gambar Hello Kitty pasti banyak pria yang enggan untuk membeli rokok karena malu dan gengsi harus membawa warna yang di lambangkan sebagai warna wanita itu kemana-mana. Berapa banyak pria tulen yang nyaman dengan warna pink dan Hello Kitty!?

Lalu apakah cara ini akan membuat wanita merokok karena mereka suka dengan warna pink dan Helly Kitty? Tentu saja tidak. Saya yakin wanita lebih cerdas dari pada pria dan lebih mengerti tentang bahaya merokok apalagi kesehatan. Dan harus digaris bawahi para wanita yang merokok kebanyakan tidak suka warna pink apalagi Hello Kitty. Coba dicek saja kalau tidak percaya.



12 Responses to "Cara Menghentikan Pria Merokok"

  1. haha kalo bungkus rokoknya hello kitty, berwarna pink pula, saya yakin laki laki manapun kalo mau merokok bakal nyari tempat ngumpet dulu ahahaha

    BalasHapus
  2. Nahhh ganti bungkus rokok jadi kaya gitu tuh bener banget kayanya, soalnya kan kesan yang selama ini muncul adalah cowok yang ngerokok adalah cowok keren, padahal menurutku sama aja..

    Kalo mau berenti ngerokok, siapin permen "penyegar nafas" yang banyak, bersihin lidah, abis itu makan itu permen.. Tiap kali pengen ngerokok juga ambil permen lagi.. Emang awalnya agak berat rasanya, tapi setelah seminggu 2 minggu bakal bisa kok..

    Aku juga udah ngajarin cara itu ke temenku yg perokok berat, dan alhamdulillah berhasil.. Pastinya harus ada niat juga

    BalasHapus
  3. mantap gan tipsnya ., saya termasuk maniak rokok,. saya ingin berhenti tapi susah bgt., sekarang saya ingin nyoba tips dari agan

    BalasHapus
  4. Tips paling "ngaruh" yang paling "ngefek" itu pastinya adalah no 1. NIAT cuma sedikit menambahkan selain NIAT si perokok juga harus dibarengi niat orang2 terdekat si perokok agar si perokok bisa secepatnya terhindar dari yang namanya "ROKOK". Sekuat apapun niat si perokok untuk berhenti bila lingkungan tidak mendukung percuma saja, begitu pula sebaliknya, jadi harus dua2nya. Tau dari mana? aku tau karena bapakku dulu pecandu rokok dan dengan bantuan keluarga termasuk aku yaa ;) akhirnya sekarang dia bisa bebas dari si ROKOK jahanam!!!

    BalasHapus
  5. Ada ya gan rokok warna pink??? Kok gak pernah liat ya???

    Kayaknya tips nya boleh nih. Secara katanya merokok itu 'manly' gitu. nah gimana jadinya klu rokok nya warna pink. Kira-kira pada masih mau gak ya..???

    BalasHapus
  6. Para perokok itu biasanya suka ngopi. ngopi itu, karena mengandung kafein, membuat badan orangnya menjadi aktif dan bersemangat. sedangkan rokok menjatuhkan semangat. ibarat minus dan plus ketemu, jadi netral (kalau ga malah konslet hehe), maka kopi dan rokok saling menetralkan. kalau mau berhenti merokok, kurangi juga ngopi. *kata guru saya sih gitu* :)

    BalasHapus
  7. Bener banget! Bungkus rokok sekarang malah bikin jijik. Yang ngerokok malah tetep terus nambah.
    menurutku satu-satunya cara ngurangi perokok (terutama dari kalangan pelajar) tuh mahalin harga rokoknya! Jadi gocap gitu misalnya, kan yang ngerokok jadi mikir 2x sebelum ngerokok hehehe :DDD

    BalasHapus
  8. Di rumah yang perokok kakak. Dulu ayah, sekarang uda brhenti. Tinggal kakak yang masih belum. Tapi kalau ngerokok pas nggak lagi ngumpul. udah diimbau berkali2, masih belum. didoakan saja. btw, itu gambar rokoknya imyuuutt..

    BalasHapus
  9. Wah infonnya bermamfaat ne untuk para perokok,

    Gue juga dulu perokok aktif, kira2 udah 6 tahun gue berhenti merokok. Cara berhenti ngerokok tu yang pertama tu niat sama point yang nomer 4 lingkungan, yah kalo kita masi berada dilingkungan orang2 yang perokok sulit untuk berhenti ngerokok, jadi ya harus jauh2 atau sedikit menghindar dari para perokok :-)

    BalasHapus
  10. buhaha, gue juga masih dalam proses menghilangkan kebiasaan ngerokok gue, seperti yang gue tulis dalam postingan

    http://www.yuniorusop.com/2015/10/kopi-dan-rokok-punya-cerita.html

    eits gue bukan promosi, tapi emang sedikit berkaitan dengan fakta rokok ini. gue rasa walaupun gambarnya hello kitty yah, trus warnanya pink, gue rasa ngaruhnya sama yang emang baru belajar ngerokok atau sekedar ngerokok biar keren..

    hari ini aja gue nemuin bisnis stiker buat nutupin gambar serem di rokok sekarang, apalagi kalo bungkusnya hello kitty gitu, bisa jadi bisnis bungkus rokok, bisa aja ntar malah ngetren bungkus rokok yang Besi, alumunium, atau malah ntar jadi lebih keren lagi, bikin yang gak ngerokok jadi pengen beli bungkusnya doang berakhir jadi perokok juga. hahaha

    BalasHapus
  11. mantaaap gan tipsnya, saya ingin berhenti meroko tapi susah... sekarang saya mau nyoba tips dari agan, mudah mudahan sangat membantu... trimakasih.

    BalasHapus