Cara Bayar BPJS Kesehatan di ATM Bank Mandiri

sumber gambar: Elya Resha's Blog
Cara Bayar BPJS Kesehatan di ATM Bank Mandiri - Sesaat setelah takbiratul ihram sholat Jum'at, handphone saya (yang sengaja saya sinlent) bergetar beberapa kali. Sedikit gelisah saat sholat saya terus berusaha sholat dengan khusuyu'. Setelah sholat selesai saya buru-buru keluar masjid dan memeriksa handphone saya mungkin ada sesuatu yang sangat penting sehingga ada yang lupa bahwa saya sedang sholat Jum'at (orang yang berusaha menghubungi saya). "Kamu gak pulang? Ayah pingsan waktu Jum'atan diantar satpam pulang", kurang lebih seperti itu sms dari Ibu ketika saya masih sholat Jum'at.

Sedikit terkejut dan menjawab pertanyaan saya yang sejak khotbah Jum'at berlangsung menggaung di kepala saya, "Ayah kok gak kliatan ya? Biasanya kan sholat Jum'at disini juga. Apa Ayah sakit? Sekitar jam 10 tadi kan masih BBM". Setelah bertanya kebenaran kepada satpam saya pun bergegas pulang.

Sampai dirumah saya melihat Ayah tertidur lemas di sofa dan saya diminta untuk mengantar Ayah ke puskesmas yang terdaftar sebagai fasilitas BPJS kesehatan Ayah. Namun ternyata puskesmas tersebut tidak sanggup menangani keluhan penyakit Ayah sehingga kami dirujuk ke Rumah Sakit Jember Klinik. Kemudian Ayah memberi saya isyarat agar saya mendekat lalu beliau berbisik, "Tolong bayarkan BPJS Kesehatan Ayah lewat ATM, Ayah lupa bulan ini belum bayar".

Kemudian saya bergegas ke mesin ATM Bank Mandiri (bank tempat Ayah biasa menabung) sedangkan Ayah yang ditemani Ibu langsung ke Rumah Sakit Jember Klinik dengan jasa taxi. Sampai di depan mesin ATM, saya bingung bagaimana cara bayar BPJS kesehatan di ATM Bank Mandiri? Saya belum pernah sekali pun membayar BPJS karena BPJS milik saya secara otomatis dibayarkan oleh kantor tempat saya bekerja. Saya pun nekat mencoba menekan tombol yang ada dan meminta bantuan mbah Google. Berikut cara yang dapat dilakukan.
  1. Datang ke ATM Bank Mandiri terdekat.
  2. Pastikan saldo tabungan mencukupi untuk membayarkan tagihan BPJS Kesehatan.
  3. Masukkan kartu pada ATM dan masukkan PIN seperti biasanya.
  4. Pilih menu "Beli/Bayar".
  5. Pilih menu BPJS.
  6. Pilih BPJS Kesehatan.
  7. Setelahnya akan diminta memasukkan nomor peserta BPJS.
  8. Ketikkan kode "89888" diikuti 11 digit (dihitung dari belakang) nomor peserta BPJS.
  9. Setelah memastikan nomor keanggotaan benar tekan oke.
  10. Kemudian akan diminta jumlah bulan yang akan dibayarkan. Misal akan membayar satu bulan maka ketingkan angka '1'.
  11. Jika 10 tahapan sudah dilakukan dengan benar, selanjutnya akan muncul pada layar nama, nomor peserta BPJS, dan jumlah bulan yang akan dibayarkan.
  12. Jika sudah benar lanjutkan dengan memilih pilihan benar dan oke.
Ayah memang sudah lama mengikuti program BPJS Kesehatan dan baru kali ini menggunakan fasilitas kesehatannya. Apakah nanti hasilnya akan sesuai dengan janji yang diberikan oleh BPJS Kesehatan? Saya belum tau. Semoga Ayah bisa lekas sembuh.




0 Response to "Cara Bayar BPJS Kesehatan di ATM Bank Mandiri"

Posting Komentar