Hiatus: Lama Tak Menulis di Blog Bukan Berarti Tak Ingin Lagi Menulis

Mencari Seonggok Inspirasi di Macapat Cafe
Blog ini hiatus! Iya hiatus! Meskipun saya tau tak ada yang merindukan tulisanku sama sekali, tapi saya yakin blog ini rindu akan belaian pemiliknya yang telah tenggelam menyibukkan diri dalam dunia kerja. Alhasil rank alexa blog ini terperosok pada angka diatas 4 juta. Karena memang sejak bulan Juli lalu, saya sudah tak pernah menulis lagi. Post terahir saya kala itu adalah Ada Apa Dengan GA? Dari Genetic Algorithm Sampai General Affair yang berhasil menarik perhatian hanya 309 pembaca.

Hiatus hiatus hiatus...sebenarnya arti hiatus itu apa sih? Ada yang tau? Saya baru dengar istilah ini setahun lalu ketika seorang teman blogger, Mbak +Wulan Novitasari, pemilik blog naluwnovi.blogspot.com, menyapa saya di facebook. Dia menanyakan "Blognya hiatus ya mas?". Sejak itu munculah satu kata baru dalam perbendaharaan diksi dalam otak saya. Hiatus.

Sebenarnya sampai tulisan ini direncanakan dituliskan, saya tak benar-benar tau apa sebenarnya arti hiatus. Perlukah bertanya ke Mbak Wulan biar tau apa arti hiatus sebenarnya? Tak perlu lah... usaha dulu cari kesana-kemari, kalau benar-benar tak menemukan apa artinya, baru bertanya ke Mbak Wulan. Bukankah pepatah modern mentakan "Ketika ada Google yang dibutuhkan masyaratak bukanlah orang yang tahu segala"?.

Hasil browsing di google membuatku tersesat ke blog Catatan Hanging. Menurut sebuah tulisan pada blog tersebut yang berjudul Hiatus, sebenarnya secara harfiah arti kata hiatus adalah gap yang dapat diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai celah atau regangan. Dan masih dalam artikel yang sama yang dikutip dari wikitinary, hiatus juga dapat diartikan sebagai a break or pause; a gap in a series, making it incomplete atau bisa juga a temporary pause in such activities as blogging or column writing.

Jadi dapat disimpulkan bahwa hiatus dapat diartikan istirahat untuk sementara dalam kegiatan blogging. Entah itu menulis, update blog, blogwalking, atau apapun yang berkaitan dengan blog. Ya itulah yang terjadi pada blog saya, www.kerikilberlumut.com.

Proses hiatus ini bukannya tak ingin lagi menulis atau kehabisan ide-ide menulis. Namun waktu saya kini banyak tersita oleh kegiatan kantor yang sebenarnya tak melelahkan, namun cukup kuat untuk membuatku malas untuk melakukan kegiatan blogging apapun itu.

Hei ada yang beda dari tulisan ini ketimbang tulisan saya sebelumnya ya? Oh ya, selama proses hiatus itu saya ingin merubah gaya tulisan saya yang biasanya menggunakan 'aku' (baca: Alasan Menggunakan 'Aku') kini menjadi 'saya'. Entahlah beberapa waktu kemarin saya merasa lebih nyaman menggunakan 'saya' dari pada 'aku' dalam segala tulisan status saya di Facebook.

Sudah cukup sampai disini saja cuap-cuap soal hiatusnya blog kecil ini. Biarkan blog ini hiatus dalam beberapa waktu lagi. Selamat berblogging ria dan selamat menikmati tahun baru. Mohon maaf apabila untuk sementara komentar diberi verifikasi captcha.


1 Response to "Hiatus: Lama Tak Menulis di Blog Bukan Berarti Tak Ingin Lagi Menulis"

  1. Proses "slowing down" untuk berkontemplasi sebenernya sangat dibutuhkan di era dimana kecepatan sangat dituntut. Terbukti kan melahirkan gaya tulisan baru agar kita lebih nyaman nulis.

    BalasHapus