Wirausaha Penjahit RUDYS Tailor Termasuk Kreatif, Plagiat, atau ATM?

Kreatif, Plagiat, atau ATM
Wawa Menjahit
Wirausaha Penjahit RUDYS Tailor Termasuk Kreatif, Plagiat, atau ATM? - Sudah lama sebenarnya aku memikirkan ini, tapi baru kali ini aku memposnya. Teringat karena post yang ku tulis sebelumnya, Apa Visi dan Misi RUDYS Tailor. Aku menuliskan bahwa RUDYS Tailor hanya mengerjakan semua model pesanan pelanggan, namun masih belum pernah mengerjakan desainnya sendiri.

Ya begitulah RUDYS Tailor. Pelanggan datang dengan desain modelnya sendiri. Entah itu hasil menggambar sendiri atau mengambil dari internet. Kami dengan senang hati mendengarkan apa yang dimaksud dari gambar oleh pelanggan dan berusaha dengan keras mengerjakan sesuai dengan permintaan pelanggan itu. Lalu mengerjakan desain orang lain itu termasuk kreatif, plagiat, atau ATM? Sebelum men-judge, lebih baik memahami arti dari masing-masing kata tersebut.

Menurut artikata.com yang merujuk pada KBBI, kreatif adalah memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; bersifat (mengandung) daya cipta: pekerjaan yang -- menghendaki kecerdasan dan imajinasi;. Atau secara sederhana bisa dikatakan bahwa kreatif adalah sebuah kata sifat yang berarti memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu.

Menurut artikata.com yang merujuk pada KBBI, plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri, misal menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa plagiat adalah menjiplak.

Lalu bagaimana dengan ATM? Apa artinya? Apakah Anjungan Tunai Mandiri (atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine)? Tentu saja bukan. ATM yang ku maksud disini adalah sebuah metode bisnis yang sering digunakan oleh para motivator enterpreneurship. Amati, tiru, dan modifikasi. Dalam metode ini ketiga kata ini tidak berdiri sendiri-sendiri. Mengamati kesuksesan orang lain, lalu meniru yang disertai dengan memodifikasi cara kesuksesan tersebut.

RUDYS Tailor masuk yang mana ya? Aku masih yakin bukan plagiat, karena kami tak pernah mengakui hasil karya orang lain, kami tak pernah menyodorkan desain karya orang lain dengan mengatakan ini merupakan desain milik kami. Dan juga mengaplikasikan sebuah gambar model menjadi sebuah baju membutuhkan pemikiran yang berat. Menjadikan imajinasi orang lain dan memanjakan keinginan orang lain itu susah. Apalagi jika imajinasi kita berbeda dengan orang tersebut.


4 Responses to "Wirausaha Penjahit RUDYS Tailor Termasuk Kreatif, Plagiat, atau ATM?"

  1. Hehehe ini penjahit di Jember? Penjahit di tempatnya Mas Adit, oh jangan-jangan usahanya MAs Adit sendiri ya? hahaha. Itu juga fotonya si...Nazwa ya. eh nazwa bukan sih ya? Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu namanya Nazwa, dan RUDYS Tailor itu usaha punya ayah :D

      Hapus
  2. saya hanya menjawab kalimat terakhir mas.... Sama-sama mas,,,

    BalasHapus