Kegiatan Harian Iseng Mengatasi Bosan

rumah-mewah
Rumah Mewah Tetangga Sebelah
Mengatasi Bosan - Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengusir hari-harinya yang membosankan. Bosan lebih baik sesegera mungkin diusir. Karena bosan bisa memicu produksi hormon kortisol secara berlebih. Ngomong-ngomong soal hormon kortisol jadi ingat serial drama remaja Thailand, Hormones: Confusing Teens. Salah satu episodenya ada yang berjudul Cortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang bekerja dalam tubuh manusia melawan rasa sakit, luka, infeksi, kepanasan, kedinginan, alergi, kekurangan oksigen, lapar, dan faktor-faktor yang meningkatkan suhu tubuh yang menyebabkan stres. Jika stres terus meningkat, produksi hormon kortisol akan meningkat pula. Jika produksi kortisol berlebih, kortisol justru menyebabkan banyak permasalahan, seperti gangguan tidur, membuat tubuh rentan terhadap infeksi, kelainan gula darah, dan bertambahnya berat tubuh[1]. Untuk itu penyebab stres seperti rasa bosan ini harus diredam sesegera mungkin.

Seperti yang sudah aku ungkapkan diatas bahwa setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi rasa bosan, tapi secara umum cara mengatasi rasa bosan bisa dengan cara berikut ini.
  1. Memperbanyak teman.
  2. Melakukan hal baru.
  3. Mengembangkan bakat.
  4. Mencari suasana baru.
  5. Mengembangkan hobi.
  6. Tidak menutup diri.
  7. Memilih hiburan yang cocok.
Mungkin kebanyakan orang memilih untuk mencari hiburan yang cocok sebagai cara mengatasi bosan. Entah itu hiburan baru, bersama teman, ataupun hiburan yang sesuai bakat dan hobi. Ada yang sekedar menonton TV, ada yang ngeblog, bersosial media, berinternet ria, ada yang berolah raga, ada yang menonton acara olah raga, ada yang hunting foto, dan lain-lain. Aku punya caraku sendiri untuk mengusir rasa bosan, suntuk, bahkan stres sekalipun. Bisa dibilang kebiasaan ku ini merupakan kegiatan iseng yang kurang kerjaan sebenernya. Dan keisengan ini sudah berlangsung sejak aku masih kecil.

Aku suka melihat rumah-rumah orang sebagai cara menagatasi bosanku. Rumah jelek, rumah bagus, rumah modern, rumah tua, apapun itu asal bukan rumah hantu atau rumah sakit. Dulu waktu masih punya sepedah ontel aku sering sekali berkeliling Jember untuk sekedar melihat-lihat rumah orang yang ada dalam sebuah perumahan. Nggak sampai masuk kedalam rumah mengamatinya, tapi cukup dari luar hanya melihat sepintas sejalan dengan laju sepedahku (andai ada pemilik rumah yang mengajakku masuk untuk melihat-lihat pun aku tak akan menolak). Sekarang setelah tak punya sepedah ontel lagi, aku malah menambah kotoran pada bumi ini, aku masih sering melakukan kegiatan ini ketika bosan, suntuk, dan stres menyerang, tapi kendaraan yang kugunakan adalah sepedah motor. Aku tak tau kenapa rasa bosanku seketika lenyap ketika sampai dirumah setelah meliha-lihat rumah orang ini. Yang jelas semangatku selalu menggebu untuk memiliki rumah seperti yang ku favoritkan. Setiap hari pasti berubah saja bentuk rumah yang ku favoritkan, kadang ada di komplek perumahan A, kadang juga di komplek perumahan B. Tak pernah pasti.

seperti itulah caraku, bagaimana cara teman-teman dalam mengatasi bosan?

Refrensi
[1]Kortisol: intisari-online.com/read/kendalikan-kortisol-si-hormon-stres


18 Responses to "Kegiatan Harian Iseng Mengatasi Bosan"

  1. hei, kadang saya juga seperti itu hahaha
    tapi kalau lagi bosan, saya paling sering megang stik, main game deh (tidak sehat sama sekali) haha

    yok mampir balik yaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, dulu saya juga kebanyakan main game, tapi lama-lama bosen sendiri sama yang namanya game hehehehe...

      Hapus
  2. Hati2. Nanti dianggap maling. Trus dilaporin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma numpang liat doang, gak bakal ada yang tau kalau lagi ngamatin kok :)

      Hapus
  3. Hahaha gue paling standar kalau ngga denger lagu, tidur, ngenet. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngenet? Jurusan mana? Sehari dapat berapa duit?
      *eh itu ngernet ya :D

      Hapus
  4. cara mengatasi bosan? kalo nggak ngeblog, jalan jajan, ya tidur mas, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya dari kecil dah tidur nggak bosen apa? ahahaha

      Hapus
  5. Wahh nice info banget :D, kalo saya sih, kalau nggak nge blog- pasti jalan jalan hehe

    salam
    http://uccth.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nggak ngasih info kok, saya cuma bercerita :)
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  6. simple sih mas, kalo aku tidur ... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang tidur malah bikin bosen mbak.

      Hapus
  7. Cara mengatasi bosan paling main bareng temen-temen, kalo ga berhasil juga, ya paling nonton film-film baru. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film-film biru? eh salah baca, film-film baru. Ya ya boleh lah, saya kadang juga begitu :D

      Hapus
  8. telfon-telfonan sama temen-temen lama. dijamin gak bosan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya sih bosen kalau telponan sama temen, tapi kalau sama pacar sih nggak ada bosennya hahahah :D

      Hapus
  9. kalo lagi bosen + bete, saya biasa corat-coret,apalagi gambar perspektif rumah,, hehe
    salam kenal kang.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw keren. Saya dulu juga suka bikin gambar perspektif. Satu-satunya gambar yang saya bisa.

      Hapus