Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember

Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember
Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember
Alun-alun Jember - Ada sebuah pameran yang menarik yang diadakan di Alun-alun Jember pada tanggal 13-17 Desember 2013, Pameran Alat Utama Sistem Senjata atau disingkat Pameran Alutsista. Pameran ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika. Hari Juang Kartika TNI-AD adalah tanggal khusus yang khusus diperingati untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Soedirman yang berlangsung selama empat hari empat malam dari tanggal 12 Desember sampai 15 Desember 1945 untuk membebaskan Ambarawa atas pendudukan tentara sekutu[1].


Pameran ini menampilkan senjata-senjata TNI yang digunakan di medan perang. Selain untuk memperingati Hari Juang Kartika, pameran ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Dihari pertama ini lumayan banyak masyarakat yang datang, terutama para siswa-siswi dari SD sampai SMA dan SMK. Mereka tampak antusias untuk sekedar berfoto dengan senjata-senjata yang dibawa oleh TNI dan menanyakan lebih dalam tentang TNI. Aku masih belum liat atraksi dari para prajurit TNI. Mungkin karena masih hari pertama dan dijadwalkan dihari yang lain, karena masih ada 4 hari kedepan. Tak hanya diisi stand-stand TNI, tapi di seputaran Alun-alun Jember juga terdapat 'semacam' stand pameran makanan ringan dan beberapa kerajinan.

Berbicara soal pengetahuan tentang TNI-AD, mungkin acara ini sukses menambah pengetahuan masyarakat. Tapi kita harus aktif berinteraksi dengan para prajurit yang berjaga. Setelah bertanya-tanya, ternyata di dalam TNI-AD dibagi menjadi Infantri, Artileri Medan, Kavaleri, Perbekalan dan Angkutan, Artileri Pertahanan Udara Ringan, Kesehatan Militer dan (mungkin) masih banyak lagi. Karena yang ada di Alun-alun Jember saat ini hanya batalyon-batalyon tersebut. Jadi apa sih Infantri, Artileri Medan dan lain-lain itu? Coba deh baca catatan singkat hasil bertanya sama bapak-bapak prajurit TNI tadi pagi.

  • Infantri adalah pasukan pejalan kaki dan merupakan pasukan terbesar dan tempur utama di TNI AD.
  • Artileri Medan (ARMED) adalah kesatuan senjata berat. Fungsi utamanya adalah bantuan tempur darat menggunakan senjata berat seperti meriam.
  • Kavaleri adalah pasukan lapis baja. Fungsi utamanya sebagai bantuan tempur yang bergerak menggunakan mobil lapis baja (tank), panser, dan kuda.
  • Pembekalan Angkutan (BEKANG) (baca: bek-ang, bukang bekang) adalah kesatuan yang fungsi utamanya menyediakan pelayanan persediaan logistik tempur dan angkutan perang.
  • Artileri Pertahanan Udara Ringan (ARHANUDRI) adalah pasukan anti serangan udara. Fungsi utamanya adalah sebagai penangkis serangan udara.
  • Kesehatan Militer adalah kesatuan yang fungsi utamanya membina kesehatan prajurit.
Besok mau liat lagi deh ah, kali aja ada pengunjung yang menarik eh maksudnya pertunjukan yang menarik, lagian masih banyak informasi yang bisa digali dari pameran tersebut hehehe...

Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember
Infantri
Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember
Meriam 76 MM/Tarik - Artilerei Medan
Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember
Panser - Kavaleri
Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember
Tank - Kavaleri
Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember
Tank - Kavaleri
Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember
Senjata Anti Serangan Udara - Artileri Pertahanan Udara



Referensi:
[1]Sumber Hari Juang Kartika: id.wikipedia.org/wiki/Hari_Juang_Kartika


15 Responses to "Pameran Alutsista TNI-AD di Alun-Alun Jember"

  1. Di Surabaya juga ada mas, tapi blm sempat kesana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin emang ini project TNI kali ya, soalnya kan waktu itu juga sempet ada di Monas...

      Hapus
    2. kaya' e iya mas, kata teman ku di madiun jg lg diadakan pameran alutsista

      Hapus
    3. Wah jangan-jangan tiap Kabupaten ada

      Hapus
  2. pengen naik Tank nya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah naik, tapi... biasa aja soalnya gak jalan sih heheheh

      Hapus
  3. Besok pagi di Surabaya, masyarakat diberi kesempatan naik Tank dan tidak hanya diam ditempat tp berjalan diseputaran Makodam V.
    Demikian sekilas info kegiatan Hari Juang Kartika di Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke terimakasih infonya, tapi lain kali jangan pake anonim.

      Hapus
  4. Bukannya ngehina atau apa, tapi kalau ada perang beneran, alutsista-alutsista ini ga bakal mempam lawan negara lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung lawannya yang mana. Kalau amerika? ya udah pasti.

      Hapus
    2. Gak bakal mempan? Zaman dulu pakai bambu runcing saja mempan kok, apa lagi pakai senjata-senjata modern. Meskipun sudah tua tapi pasti masih berguna :)

      Hapus