HUT Jember - Kirab Akbar Drum Band dan Marching Band

Kirab Akbar Drum Band dan Marching Band
Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Jember ke-85, 1 Januari 2014, Pemkab Jember mengadakan Kirab Akbar Drun Band dan Marching Band. Kirab yang diikuti oleh siswa-siswa TK, SD, SMP, dan SMA Negri maupun Swasta di Jember ini memiliki rute yang ber-start di Alun-Alun Jember sampai Jl. Gajah Mada (depan BCA) Jember. Rute tersebut hanya berlaku untuk SD, SMP, dan SMA, untuk peserta TK hanya memutari Alun-Alun Jember saja.


Apa sih beda Drum Band dan Marching Band? Menurut temanku Fiqi, mantan anggota Jember Marching Band, perbedaan intinya adalah pada perlengkapan musik yang dibawa. Drum Band biasanya menggunakan pianika (dan rekorder) sebagai musik melodinya. Sedangkan Marching Band sudah lengkap, sebagai melodi mereka menggunakan alat tiup yang terbuat dari logam seperti Trompet, Mellophone, dan lain-lain (Fiqi menjelaskan panjang lebar tentang alat musik tiup pada Marching Band, tapi aku lupa). Secara musikalitas, biasanya Drum Band menampilkan lagu-lagu mars yang ringan, sedangkan Marching Band sudah lebih berkembang dengan lebih mengutamakan musikalitas dan lebih mengarah ke entertaiment.

Yang menarik adalah, karena ini dalam rangka memperingati HUT Jember, hampir seluruh peserta membawakan lagu Selamat Ulang Tahun, Panjang Umurnya, dan Happy Birthday To You, lagu anak-anak yang selalu dimainkan saat ada yang berulang tahun. Tidak hanya itu, beberapa peserta juga memainkan lagu Selamat Ulang Tahun yang di populerkan oleh grup band Jamrud.

Penampilan SDN Jember Lor
Yang perlu direnungkan dan dipelajari lebih dalam lagi adalah cara mengambil gambar saat parade berlangsung. Aku tak pernah mengerti gambar seperti apa yang seharusnya diambil saat parade sedangkan kameraku tidak terlalu bagus dan tak pernah mendapatkan posisi bagus. Hal ini terulang lagi setelah sebelumnya ada lomba dalam bidang yang sama dan rute yang sama pula, Jember Open Marching Competition (JOMC), Agustus lalu. Aku bingung harus mengambil gambar apa. Aku harus belajar lebih untuk masalah yang satu ini.

Penampilan Siswa SD (aku lupa nama SDnya)
Ditengah-tengah kegundahanku, aku melihat banyak sekali sekolah yang memiliki Drum Band bahkan Marching Band. Dari sekolah Negri sampai Swasta, dari sekolah yang aku tau letaknya di Jember sampai yang bahkan nama desanya baru aku dengar serta nama sekolahnya aku baru tau kali ini. Aku memaksa ingatanku kembali ke masa JOMC Agustus lalu, aku teringat bahwa memang banyak sekolah baik Negri ataupun Swasta, memiliki ekstrakulikuler yang satu ini. Bahkan SDN Suci (Kecamatan Panti) dan SDN Sukowono (kecamatan Sukowono) yang notabene terletak di pelosok Jember, memiliki Drum Band sendiri. Sedangkan ingatan masa kecilku dulu (setidaknya sampai era 2004, aku lulus dari SMPN 1 Jember), Drum Band di Jember sangat sedikit, aku ingat hanya ada SD Mima dan SMPN 1 Jember. Saat JFC mulai booming, barulah muncul Jember Marching Band dam JFC Marching Band. Dan tahun ini ada sebanyak itu? Ada banyak pertanyaan yang aku bingung mempertanyakan ini pada siapa,

  1. Tau harga alat-alat itu? Bukankah tidak murah?
  2. Alat-alat tersebut milik mereka sendiri atau menyewa?
  3. Jika memang benar milik mereka, dana sebesar itu dari mana?
  4. Mungkinkah ini program Pemkab Jember? Dan dananya dari Pemkab?
  5. Tapi sebanyak itu? Mau menjadikan Jember Kota Parade?
  6. Apakah dana sebesar itu tidak sebaiknya diperuntukkan untuk yang lebih penting? Korupsi eh pendidikan yang layak mungkin?
Dan masih banyak lagi pertanyaan yang masih berputar-putar diotakku. Sambil berpusing ria menanyakan pertanyaan yang tak terjawab, aku pun melihat adik-adik kecil lucu yang baru selesai tampil, peseta umur Taman Kanak-Kanak. Aku lebih tertarik mengambil gambar mereka dari pada Kirab Akbar Drum Band dan Marching Band yang sedang berlangsung dihadapanku. Ada yang sedang bermain balon, ada yang sedang asyik joget Caesar (saat peserta melantunkan lagu Buka Sitik Jos) dan makanan ringan yang sudah lama tidak pernah aku lihat sejak aku lulus SMP dulu, arum manis tradisional dengan penjualnya yang memainkan alat musik klasik.

Penjual Arum Manis Dengan Alat Musiknya
Peserta Drum Band TK - Bermain Balon
Peserta Drum Band TK - Bermain Balon
Peserta Drum Band TK - Bermain Balon
Peserta Drum Band TK - Joget Caesar
Peserta Drum Band TK - Joget Caesar
Peserta Drum Band TK - Joged Caesar
Adik Kecil Yang Mengantuk di Pangkuan Ayahnya
OK yang satu ini bukan adik kecil, tapi ini foto paling cantik yang aku dapat hari itu.



SELAMAT ULANG TAHUN JEMBER
SEMOGA BERJAYA SELALU




10 Responses to "HUT Jember - Kirab Akbar Drum Band dan Marching Band"

  1. oh, ini to yang bikin jalan ditutup kemarin. :D
    itu TK udah joget caesar aja -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh emang gak tau kemarin ditutup gegara apa?
      Goyang Caesar asik loh hahaha...

      Hapus
  2. Dirgahayu Kab. Jember yang ke 85 thn, semoga sukses selalu ^^

    BalasHapus
  3. Dirgahayu Jember, semoga semakin berjaya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak Wulan... Ditunggu kunjungannya ke Jember loh.

      Hapus
  4. Selamat Ulang Tahun, Jember :D

    oiya, sepertinya memang Jember lagi dalam misi menjadi kota wisata, makanya banyak mengucurkan dana untuk festival dan pembangunan obyek wisata. Termasuk membuka bandara di Jember kan? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Kota Wisata Mbak Hanifa, tapi Kota Festival, kemungkinan targetnya itu. Kalau masalah bandara... *spechless* Bandaranya sudah berdiri kokoh di Jember, tapi masih gak digunain buat penerbangan. Masih banyak kontroversi.

      Hapus
  5. selamat ulangtahun untuk kota Jember :D

    kapan main2 ke Banjar lagi bang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengennya sih kalau ada rezeky summer 2014 ini pengen kesana.

      Hapus