Google Update PageRank Desember 2013

Google Update PageRank Desember 2013
Google Update PageRank Desember 2013[1]
Pagi ini hasil nongkrong sebentar di Warung Blogger dapat menu bacaan yang asik dari +Johanes Gultom dengan judul "Update Google PageRank Desember 2013!". Google PageRank sudah gak update sejak pertengahan tahun ini. Dengan penuh semangat aku membaca artikel ini. Sejak awal aku 'sedikit lebih' mengerti perbloggeran, seperti alexa rank dan google pagerank, Google PageRank untuk blog ini hanya 0/10.

Apa itu Google Page Rank? PageRank adalah sebuah penilaian atau perankingan yang digunakan untuk referensi seberapa kuat website atau situs atau blog kita di mata SERP Google. Ranking dihitung dalam skala 0 sampai 10. Semakin besar angka yang didapat maka semakin bagus blog tersebut di SERP Google. Menurut wikipedia, misalkan saja web A dengan PageRank 4 dan web B dengan PageRank 5, maka web B memiliki posisi lebih tinggi dari web A di SERP[2]. Tapi menurut beberapa referensi yang aku baca sekarang PageRank hanya sebagai poin tambahan (bantuan). Jadi semakin tinggi PageRank maka semakin banyak poin bantuan untuk bisa menduduki tingkat paling tinggi pada SERP[3].

Setelah update PageRank kerikilberlumut.blogspot.com berapa? Jawabannya adalah N/A alias not available. Menurutku ini merupakan kemunduruan, karena bulan Agustus kemarin terakhir aku cek PR berada pada angka 0/10 dan sekarang N/A. Tapi setelah aku cek lagi, ternyata 0/10 dan N/A itu tidak ada bedanya. Pada www.prchecker.info dituliskan, dulu Google menggunakan 0/10 untuk website yang tidak memiliki peringkat, tapi sejak 19 Mei 2007 digunakan N/A untuk merepresentasikan website yang tidak memiliki peringkat.

Kita bisa melihat beberapa perubahan pada cara Google merepresentasikan pagerank mereka untuk website yang belum memiliki peringkat atau website yang dibanned oleh Google untuk beberapa alasan. Dulu Google menunjukkan angka nol atau 0/10 pada pagerank untuk website yang tidak memiliki peringkat, tapi kini mereka merubah metode mereka. Kini mereka memberi label PageRank N/A untuk website yang belum memiliki peringkat. Penting: kita juga bisa melihat PageRank N/A jika Google atau PR Checker tidak bisa menunjukkan pagerank karena koneksi sedang lambat. Karena internet adalah sistem yang agak tidak stabil dan masalah koneksi seperti ini cukup sering terjadi. Jadi ketika melihat bar pagerank abu-abu atau N/A, tidak perlu panik. Ini mungkin berarti memang website kita belum mendapat peringkat atau memang terjadi kesalahan pada server Google sehingga tidak dapat menampilkan pagerank pada saat itu. Untuk website yang belum memiliki peringkat, bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Mungkin karena belum terindeks oleh Google atau website ter-banned oleh Google[4].
Anehnya, seorang teman yang Agustus lalu PageRanknya N/A tapi sekarang berubah menjadi 0/10 dan aku sebaliknya, Agustus 0/10 tapi sekarang menjadi N/A. Kenapa bisa seperti itu? Entah lah yang jelas ada 4 alasan kenapa website kita bisa mendapatkan PageRank N/A, yaitu[4]:
  1. Halaman website yang baru dan belum terindeks oleh Google.
  2. Halaman website terindeks oleh Google tapi belum mendapatkan peringkat atau PageRank.
  3. Halaman website sudah lama diindeks oleh Google tapi diakui sebagai halaman supplemental (Supplemental Results). Supplemental Results adalah URL yang berada pada indeks tambahan Google, database skunder yang beriki halaman kurang penting, yang diukur (terutama) oleh algoritma Google PageRank[5].
  4. Website dibanned oleh Google.
Lalu bagaimana cara meningkatkan PageRank? Secara teori yang aku baca mudah bin gampang tapi eksekusi pengerjaannya perlu tingkat kesabaran yang tinggi. Konsisten menulis, menulis konten yang menarik dan berguna (menarik pengunjung), mencari komentar sebanyak mungkin dan banyak berkomentar di blog lain, serta mencari banyak backlink secara sehat (tidak terburu-buru atau spamming) dan tunggu update PR selanjutnya yang entah kapan[3].


Referensi:
[1]Sumber gambar termometer: http://www.made4ll.com/medical-equipment/cartoon-thermometer/
[2]Referensi PageRank: http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank
[3]Referensi PageRank: http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/07/...
[4]Referensi PageRank N/A: http://www.prchecker.info/
[5]Referensi Supplemental Result: http://en.wikipedia.org/wiki/Supplemental_Result



20 Responses to "Google Update PageRank Desember 2013"

  1. Sayaaaaaaa masih 0 PR nya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp daripada Not Available seperti blog ini hihihihi... ayo semangat naikin PR :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah udah bertransformasi dari N/A ke 2. Sebelum upgrade domain sih dulu PR 3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wigh mantap... jadi semangat pengen dapat PR juga :D

      Hapus
  3. gue juga kadang iseng ngecek pagerank gue, dan hasilnya mengecewakan. akhirnya gue milih blog gue buat posting2 yang gue suka aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa dicek terus bro PRnya, soalnya si empunya Google gak tiap hari update PR. Gak tiap minggu atau bulan juga heheheh...

      Hapus
  4. sabar bro, pasti bakalan muncul kok page ranknya kalo update terus :D

    BalasHapus
  5. 0/10 kakak..
    apa aku yang ga seneng apdet blog ya? *berasa apdet status* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaahaha bukan... yang penting itu back link sama blogwalking...

      Hapus
  6. blog saya belom dapet gan.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santai gan... masih banyak temannya kok.

      Hapus
  7. Mencari backlink yang mujarab yang paling susah :(

    BalasHapus
  8. Nice Post, thank for infomation... :D

    BalasHapus