Total Keseluruhan Acara Festival Tegal Boto 2013 Universitas Jember

Jadwal Penuh (Depan SAC Universitas Jember)
Universitas Jember - Secara keseluruhan Festival Tegal Boto 2013 menurut saya sangat menarik dan meriah. Bahkan menjadi hiburan untuk beberapa masyarakat umum disekitar Unej. Tapi masih ada beberapa kekurangan disana sini. Setelah kemarin aku bagi menulis beberapa post tentang kemeriahan acara tersebut, kali ini cukup satu post saja tentang kekurangan dari 9 hari Festival Tegal Boto 2013.

Hari Pertama
Hari ke-2
Hari ke-3
Hari ke-4
Hari ke-5
Hari ke-6
Hari ke-7
Hari ke-8
Hari ke-9
Kekurangan terbesar pada Festival Tegal Boto 2013 adalah sebagai berikut:

  1. Beberapa acara yang diselenggarakan pada Festival Tegal Boto 2013 tidak sesuai dengan jadwal yang dipasang dibeberapa penjuru Universitas Jember.
    Contoh:
    • Hari ke-2 - Sepedah Sehat. Tertulis tanggal 3 November pukul 06.00. Aku menuju lokasi pukul 05.30, ternyata 06.00 itu adalah kedatangan peserta sepedah sehat dan acara sendiri dimulai jam 07.00. Mungkin yang ini gak perlu dikeluhkan, karena peserta datang dari berbagai penjuru kecamatan di Kabupaten Jember.
    • Hari ke-2 - Pameran Kopi/Tari Lengger. Tertulis tanggal 3 November, Gedung Soetardjo pukul 10.00. Aku kesana jam 10 kurang beberapa menit. Aku pikir sudah terlambat, tapi ternyata acara baru dimulai pukul 11.00.
    • Hari ke-3 Panen Kopi. Tertulis tanggal 4 November 2013, Gedung Soetardjo pukul 09.00. Aku kesana jam 9 tepat, tapi gedung masih tertutup dan kembali kesana jam 10.00 bersama adik, tapi tidak ada apa-apa.
    • Hari ke-6. Final Lomba Blog. Tertulis tanggal 7 November 2013, Gedung KAUJE pukul 08.00. Aku kesana pukul 08.30 ternyata tidak ada acara apa-apa disana. Namun setelah bertanya kepada seorang teman yang juga menjadi juara 2 pada lomba tersebut, +Destiany Prawidyasari, ternyata acara diadakan di UPT TI.
    • Hari ke-8. Reog. Tertulis tanggal 9 November 2013, Lapangan Timur pukul 08.00. Ternyata acara baru dimulai pukul 11.00.
    Tidak semua acara berlangsung tidak sesuai jadwal. Beberapa yang lain sangat tepat waktu.Ntah ini kesalahan saya melihat jadwal atau bagaimana saya kurang mengerti. Ada 3 kemungkinan, yaitu: (1) Percetakan tempat banner jadwal dicetak salah mengetik jadwal yang sudah ada, (2) miss komunikasi antara jadwal dengan panitia acara, dan (3) ada kesalahan sistem yang membuat beberapa acara jadi melenceng dari jadwal yang telah direncanakan. Meskipun begitu, aku tetap puas dengan acara yang telah terlaksana tersebut.
  2. Kepanitiaan seperti kurang terkoordinasi.
    Dalam hal ini aku bingung. Sebenarnya panitia acara ini adalah mahasiswa atau staff Universitas Jember sendiri? Karena yang banyak aku lihat hanya staff yang menjadi panitia inti. Contohnya pada pameran yang digelar di depan Perpustakaan Universitas Jember (depan lapangan timur). Aku ambil 1 fakultas saja, Fakultas Teknik, karena aku gak tau bagaimana nasib fakultas lain. Waktu aku bertanya pada ketua HME, bagaimana susunan kepanitiaan tersebut, ternyata dia juga gak tau.
Ya hanya itu yang terasa kurang dalam Festival Tegal Boto 2013. Dan aku ingin memberi masukan terbuka untuk acara yang akan berlangsung tahun-tahun depan.
  1. Ada 9 hari penyelenggaraan Festival Tegal Boto 2013. Kenapa tidak dibuat satu hari 1 atau 2 fakultas yang melakukan pertunjukkannya masing-masing? Bukankah di lapangan timur disediakan panggung besar dan megah? Misal: Hari pertama pertunjukan musik oleh Fakultas Tekni. Hari ke-2 oleh Fakultas kedokteran.
  2. Pameran kopi yang diadakan kurang lama, sebaiknya diadakan berbarengan dengan pameran yang digelar fakultas-fakultas. Seperti contohnya pameran yang diadakan oleh ESDM Kabupaten Jember, INTERNATIONAL TOBACCO EXPO & ESDM 2013. Meskipun acara utamanya adalah pameran tembakau, tapi ada wadah untuk memamerkan seni dan kreatifitas ESDM Kabupaten Jember.
  3. Perlu adanya publikasi yang lebih lagi kepada masyarakat.
Cukup seperti itu saja. Sekali lagi aku ucapkan acara ini sangat luar biasa. Semoga Universitas Jember selalu jaya.


10 Responses to "Total Keseluruhan Acara Festival Tegal Boto 2013 Universitas Jember"

  1. wah seru nih sepertinya.. wah aq pernah ke UNEJ lho Mas.. maen kesana ngantar teman dulu waktu masih kuliah di Malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mas tapi udah abis acaranya.
      Tahun depan mampir aja liat acara ini lagi :D

      Hapus
  2. Boto tak kira bata mas? hahaha :p

    BalasHapus
  3. kalao acara yang terselenggara tidak sesuai dengan jadwal yang terpampang pada psoter...wah kasihan banget ya panitianya kalo begitu.... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, prihatin sama kepanitiaannya

      Hapus
  4. nyimak aja mass . . .
    sukseesss selalu

    BalasHapus
  5. waah, acaraa teruuusss, panitia teruusss..........

    BalasHapus