Membuat PCB 1¼ Layer Dengan Eagle

Alih-alih membuat PCB 1 layer atau dual layer, ini malah 1¼ layer. Sekedar pengetahuan dasar saja, PCB 1 layer adalah PCB yang hanya mempunyai satu sisi yang dilapisi oleh lempeng tembaga, sedangkan PCB dual layer adalah PCB yang mempunyai dua sisi yang dilapisi oleh lempeng tembaga dan lapisan fibernya ada diantara dua lapisan tembaga tersebut. Lalu bagaimana dengan PCB 1¼ layer?

Sebenarnya sih ini merupakan PCB 1 layer, tapi layer yang diatas (sisi yang tanpa lempeng tembaga) sedikit dikembangkan dengan konektor berupa kawat/kabel dan diberi tambahan gambar rangkaian agar lebih cantik dan mempermudah dalam pemasangan komponen. Alasan kenapa harus diberi tambahan konektor berupa kawat/kabel karena jika hanya mengandalkan 1 layer tembaga saja, terkadang masih ada beberapa komponen pada rangkaian kita yang tidak tersambung dengan komponen lainnya dengan benar dikarenakan komponen yang diperlukan banyak dan jalur yang tersedia terlalu sempit.

Sebenarnya ada banyak software pembuat rancangan PCB seperti ExpressPCB, Eagle, dan lain-lain. Tapi alhamdulillah yang ku mengerti cuma satu, ya Eagle ini. Makanya disini aku akan menjelaskan tentang langkah-langkah membuat PCB di Eagle dan ku anggap teman-teman sudah mengetahui cara menginstalnya.

Siapkan dulu alat dan bahan untuk membuat PCB.

  1. Software Eagle yang sudah terinstal dengan baik dikomputer.
  2. PCB polos (di pasaran terdapat 2 jenis PCB, PCB yang bahan dasarnya coklat (biasa disebut PCB biasa) dan PCB yang bahan dasarnya putih (biasa disebut PCB fiber), harganya pun berbeda PCB fiber biasanya sedikit lebih mahal, aku menyarankan menggunakan PCB fiber karena saat perendaman dengan fericlorida akan terlihat perbedaan antara daerah tembaga yang telah terkikis oleh fericolida dengan yang belum).
  3. Fericlorida 1 bungkus (dipakai ⅓-nya saja).
  4. Alcohol.
  5. Bor.
  6. Setrika.
  7. Amplas tipis (amplas air).
  8. Wadah datar.
  9. Kertas kalender yang tipis (kalender umum yang licin).
  10. Printer laser.
  11. Spidol permanen
  12. Gambar rencana rangkaian.
  13. Dan yang paling penting adalah...... Semangat Solder yang membara.

Langkah-langkah membuat pola PCB adalah sebagai berikut:

  1. Buka Eagle.
  2. Klik File > New > Project.
    Kemudian beri nama project kita.
    Membuat Project Baru
  3. Setelah folder Project terbuat, klik File > New > Schematic.
    Membuat Schematic Baru
  4. Klik add component.
    Add Component
    Dalam post ini yang akan aku buat adalah sistem minimum ATMega 8. Berikut adalah komponen yang diperlukan.
    • ATMega 8
    • Crystal
    • Resistor
    • Kapasitor
    • LED
    • Junction/jumper.
  5. Tata yang rapi dan sesuai keinginan.
    Sistem Minimum ATmega 8
  6. Sambungkan komponen dengan wire (wiring).
    Wire
  7. Pastikan semua komponen sudah tersambung sesuai gambar rencana rangkaian.
    Dengan menggunakan tools show wire kita bisa tau wire mana yang terhubung dan mana yang tidak. Klik pada tools lalu klik pada wire yang akan diperiksa. Wire yang terpilih akan berwarna lebih terang, darisana kita bisa melihat apakah jalur wire yang terhubung sudah sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak.
    Tool Show Wire
  8. Jika sudah pasti benar, selanjutnya kita pindahkan rangkaian pada worksheet board PCB dengan cara klik File > Switch to board.
    Notifikasi Switch to Board
  9. Pindahkan dan tata semua komponen kedalam worksheet yang telah disediakan. Kita harus memiliki imajinasi artistik. Komponen-komponen tersebut disusun menurut posisi yang paling pas dan mantap serta rapi.
  10. Pada toolbar klik Auto.
    Auto Route
  11. Atur prefferred direction seperti gambar dibawah. Selain bagian bottom pilih 'N/A', sedangkan pada bagian bottom pilih '*' (bintang). Artinya bagian layer bottom saja yang diaktifkan, yang lain diabaikan.
    Konfigurasi Autorouter
  12. Terkadang hasil autorouting terdapat beberapa wire yang belum terhubung. Untuk itu bisa ditambahkan beberapa koneksi tambahan menggunakan kawat tembaga dilayer atas PCB. Pengaturannya bisa menggunakan route. Jika ingin mengembalikan route yang sudah jadi menjadi jalur awal rangkaian lagi, bisa digunakan ripup.
    Route dan Ripup
  13. Rancangan PCB sudah jadi, tinggal diprint saja. Bagian yang akan diprint adalah bottom, pads, dan vias.
    Select Layer
  14. Untuk setting pada print, centang black, solid, dan caption. Jangan centang mirror dulu. Karena kita akan printing bagian bottomnya. Untuk bagian atas, yang akan digunakan gambar hiasan (bisa berisi gambar PCB atau nama komponen). Lakukan seleksi yang akan ditampilkan sesuai keinginan. Lalu print sekali lagi dengan menambahkan centang pada miror.
    Print
  15. Printer yang digunakan adalah printer laser yang menggunakan tinta tooner (bubuk). Dan kertas yang digunakan adalah kertas kalender yang licin. Jika gak punya printer laser, jadikan saja PDF dengan mengklik tombol PDF saat melakaukan printing. Lalu print di tempat pengetikan sekitar yang memiliki printer laser. Jika tidak ada, bisa dengan printer biasa lalu difotocopy ke kertas kalender tadi atau ke mika transparan.
    Hasil Akhir
  16. Tinggal di tempeling ke PCB polosnya deh.
  17. Lebih jelasnya lihat vidio berikut.
Cara diatas merupakan dasar penggunaan eagle, jika ingin lebih mahir dan mendalam lagi, lakukan learning by doing saja hehehe...

Bersambung ke Menyablon dan Mencetak PCB.

Related post: Berbagi Sedikit Tentang Skripsiku, tujuh poin penting dalam skripsiku:

  1. Antena Wajan Bolik « LINKED »
  2. Membuat PCB « LINKED »
  3. Mikrokontroler AVR 8535 « NOT LINKED »
  4. Algoritma dan Flowchart « NOT LINKED »
  5. Pemrograman Visual Basic « NOT LINKED »
  6. Algoritma Genetika « NOT LINKED »
  7. Sensor Optocoupler « NOT LINKED »
  8. Komunikasi Serial Mikrokontroler AVR 8535 dengan Komputer « NOT LINKED »


0 Response to "Membuat PCB 1¼ Layer Dengan Eagle"

Posting Komentar