Hari Blogger Nasional? Semangat Baru Blogging

I am an Indonesian Blogger
Seriusan tanggal 27 Oktober itu Hari Blogger Nasional!? Kemarin sih sempet liat Founder Kancut Keblenger, Irvina Lioni Yuniasari, di Facebook kalau besok (hari ini) adalah Hari Blogger Nasional. Beneran kah? Gak tau sob...


Hari ini jeng-jeng-jeng... pagi-pagi buta dah nongkrong aja di Warung Blogger kali aja ada yang ngomongin soal ini. Ternyata gak ada yang nulis tentang itu. Apa cuma hoax? Gak mungkin kali ya, admin grup blogger sekelas KK update status hoax. Sepulang dari acara nikahan temen KASATMATA tadi siang mati lampu bolak-balik jadi gak sempet nongkrong lagi ke Warung.

Sore tadi ternyata ada seorang warga WeBe, Akbar Maulana, menulis soal itu. Hari Blogger Nasional. Oke! Cukup 2 orang (eh kok seperti iklan KB ya?). Coba bertanya sama si Mbah Gugel dulu deh ah. Alhasil nemuin tulisan dari Kang Enda Nasution yang judulnya Sejarah Hari Blogger Nasional #hariblogger #berkatblog. Sejarahnya bagaimana sih tanggal 27 Oktober yang sekarang dikenal sebagai Hari Blogger Nasional? Ternyata menurut Kang Enda ini, acara ini berawal sejak 27 Oktober 2007. Saat itu ada acara yang disebut dengan Pesta Blogger, ajang ketemu dan kopdar para bloger se-Indonesia. Dan saat itu, menurut detik.com, Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh (Menkominfo saatu itu) saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 tanpa basa-basi mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Hmmm... 2007? Tahun aku awal masuk kuliah dong? Dan tepat 1 tahun sebelum akun blog ini dibuat. FYI: akun blog ini dibuat tahun 2008 dengan alamat kerikilberlumut.blogspot.com, tapi ya asal buat karena gak ada niat nulis dan cuma digunakan untuk memenuhi tugas perkuliahan. Tahun 2011 sempat ganti alamat jadi pikuun.blogspot.com aku coba menulis ala kadarnya. Aku coba-coba nulis sebenernya terinspirasi tulisan Mbak Pritha Khalida pada novelnya yang berjudul Prth@Mouri. Tapi karena dirasa alamatnya jelek (pikuun, dobel 'u'), jadi 2012 ku kembalikan ke kerikilberlumut.blogspot.com lagi. Masuk awal 2013 aku vakum menulis karena sibuk soal perskripsian dan mulai balik lagi Agustus 2013 kemarin.

Awalnya dulu (era 2011 sampai awal 2013) aku kira blogging itu cuma duduk di depan komputer yang ada internetnya doang. Post dan sebarin ke sosial media, cari rank di gugel udah deh beres... Ternyata setelah Agustus 2013 aku coba mempelajari lebih dalam lagi soal blogging, blogging gak cuma gitu doang! Seperti media sosial (ya memang media sosial to?), kita nulis, berbagi informasi, saling memberi masukan dan saling mengomentari. Asik... Ditambah lagi ada info BN2013 yang akan diadain di Jogja 30 November besok (ada kopdarnya juga!). Pingin hadir sih... tapi duit dari mana!?.

Jadi blogging itu gak cuma diem di depan komputer, menye-menye nulis, posting, dan share sana-sini doang. Tapi kita diajarkan juga untuk bersosialisasi. Sesama blogger juga saling mendukung. Aku juga berfikir blogger menganut paham co-opetition. Apa itu co-opetition? Menurut temanku, Alvian Jihad, co-opetition adalah bersaing sambil bekerja sama. Tak bisa dipungkiri sesama blogger saling bersaing mendapatkan rating yang baik, PR yang tinggi, ranking alexa yang ramping, dan pundi-pundi receh dari periklanan. Tapi blogger saling membantu dan menyemangati. Keren...

Jadi meskipun (masih) kata Kang Enda, Hari Blogger bukanlah (belum) hari resmi dari pemerintah, tapi hari ini aku dapat ilmu baru soal blogging, yaitu PERSAUDARAAN.


SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL!


11 Responses to "Hari Blogger Nasional? Semangat Baru Blogging"

  1. selamat hari blogger nasional...


    Mari terus menulis dengan postingan yang lezat dan bergizi buat negeri ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin... Agar anak negri ini sehat dan kuat.

      Hapus
  2. hoo..
    ayo ikutan BN :v
    daftar aja dulu...

    selamat hari blogger :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidaakkk takut diculik hahahah (ngga lah)
      Masih bingung dapat uang dari mana ~_~ lagian takut pas ada kerjaan mendadak...
      Kalau daftar dulu... gosipnya dibatasi 1000 orang saja, kalo jadi datang sih oke, tapi kalau gak jadi kan kasian yang mau daftar dan niat datang...

      Hapus
  3. Ane ke tinggalan nie...

    Tttep semgat untuk blogger Indonesia

    BalasHapus
  4. Saya juga baru tahu saat baca salah satu postingan blogger berpengalaman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh iya, itulah manfaat dari blog walking, jadi tau banyak dan banyak tau :D

      Hapus
  5. Aku jadi terinspirasi mau cerita kisah cintaku sama blog deh hahaha. Blog itu emang asyik buat orang-orang yang menikmati. Sering-sering blogwalking, saling komentar rasanya seneng waktu tulisan iseng gitu ada yang suka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik... iya emang seneng waktu tulisan sekedar iseng ada yang suka, apa lagi ada yang terinspirasi :D

      Hapus
  6. Iya selamat hari Blognas ya...

    BalasHapus