Cara Mengurus Surat-Surat di Dompet Yang Hilang

Cara Mengurus Surat-Surat di Dompet Yang Hilang
Dompetku
Pada Trip Nestapa Menuju Jogja, aku menceritakan ayah kehilangan dompet saat perjalanan menuju Jogja. Pernah suatu kali aku melihat seorang yang kehilangan dompet saat Jember Fashion Carnaval, dia kebingungan. Ada seorang wanita nyletuk, "Di dompet uangnya berapa mas?", dia menjawab "Bukan masalah uangnya mbak, surat-suratnya ngurusnya susah, ATMnya aja dua". Setelah orang itu agak jauh, mbak itu dengan sinis nyletuk lagi, "Halah pasti dompetnya gak ada isinya, mangkanya malu mau jawab". Aku pikir mbak-mbak tadi emang gak pernah ngurusi surat-surat macam SIM, KTP, atau STNK sendiri mungkin. Makanya dia ngremehin gitu.

Dompet ayah isinya gak banyak, buat makan keluarga kami seminggu bisa. Yang banyak itu surat-suratnya, ada SIM, KTP ayah, KTPku, STNK, ATM Bank Mandiri, ATM BRI, dan KTA BS. Melati. Sepulang dari jogja ayah langsung mengurusi surat kehilangan di kepolisian setempat untuk persyaratan mengurusi semua itu. Ternyata harus melampirkan beberapa dokumen. Berikut dokumen yang harus dilampirkan untuk mengurus surat kehilangan  di POLRES:
  1. Fotocopy KK - untuk lampiran kehilangan KTP.
  2. Fotocopy BPKB - untuk lampiran kehilangan STNK.
  3. Nomor SIM dari SAMSAT setempat - untuk lampiran kehilangan SIM.
  4. Fotocopy buku tabungan Bank Mandiri - untuk lampiran kehilangan ATM Bank Mandiri.
  5. Fotocopy buku tabungan BRI - untuk lampiran kehilangan ATM BRI.
Cara Mengurus Surat-Surat di Dompet Yang Hilang
Surat Keterangan Kehilangan Dari POLRES
Yang perlu diperhatikan adalah untuk mengurusi semua surat tersebut diatas, surat kehilangan yang dapat digunakan adalah surat berstempel asli (bukan Fotocopy). Jadi jika ada 5 surat yang harus diurus, jadi jangan lupa minta 5 surat berstempel asli. Mintalah surat kehilangan brestempel asli sejumlah surat yang hilang. Karena disetiap tempat pengurusan akan dimintai 1 surat kehilangan berstempel asli.

Syarat mengurus kehilangan ATM BRI

  1. Surat Keterangan Kehilangan Dari POLRES berstempel asli.
  2. Fotocopy KK.
  3. KK asli.
  4. Buku Tabungan.

Syarat mengurus kehilangan ATM Bank Mandiri

  1. Surat Keterangan Kehilangan Dari POLRES berstempel asli.
  2. Fotocopy KK.
  3. KK asli.
  4. Surat domisili dari Kelurahan.
  5. Buku Tabungan.

Syarat mengurus kehilangan KTP

  1. Surat Keterangan Kehilangan Dari POLRES berstempel asli.
  2. Fotocopy KK.
  3. KK asli.
  4. Pas foto 2x3
(Karena di Kota Jember E-KTP belum mencakup semua warga, jadi jika hilang tidak menggunakan E-KTP tapi KTP biasa)

Syarat mengurus kehilangan SIM

  1. Surat Keterangan Kehilangan Dari POLRES berstempel asli.
  2. Fotocopy KK.
  3. Surat keterangan sehat.
  4. Uang Rp 75.000 (pajak 5 tahunan SIM)
(Seperti membayar pajak 5 tahunan SIM/memperpanjang SIM)

Syarat mengurus kehilangan STNK

  1. Surat Keterangan Kehilangan Dari POLRES berstempel asli.
  2. KTP Pelapor asli.
  3. KTP An. STNK asli.
  4. Berita acara interogasi dari Sat. Reskrim POLRES.
  5. Cek Fisik Kendaraan bermotor.
  6. Keterangan telah memberitakan pada media cetak (kliping koran).
  7. Keterangan telah memberitakan pada media elektronik (radio).
  8. Surat dari bagian pelanggaran Lantas.
  9. Surat pernyataan mengetahui Kepala Desa (Materai 6000).
  10. BPKB asli.
Pada poin 7 dan 8, kita diharuskan membuat berita kehilangan di surat kabar dan radio setempat. Setelah memberitakan, kita akan mendapat stempel bukti telah memberitakan pada media tersebut. Pemberitaan di radio gratis, sedangkan pemberitaan pada surat kabar dikenakan biaya Rp 25.000 (biaya iklan baris).
Cara Mengurus Surat-Surat di Dompet Yang Hilang
Bukti Iklan Media di Balik Surat Keterangan Kehilangan Dari POLRES
Cara Mengurus Surat-Surat di Dompet Yang Hilang
Syarat Mengurus Duplikat STNK
Kalo diliat dari teorinya saja sih gampang bukan? Tapi eksekusinya ribet. Antrinya lama... Butuh waktu banget deh pokoknya. Nah karena SIM, KTP, dan STNK adalah dokumen penting nih, saranku coba simpen fotocopy-an surat-surat itu. Bukannya mau berdo'a kehilangan, tapi sebagai antisipasi saat semua itu hilang. Karena keribetan kepengurusannya, lebih baik mencegah kehilangan dompet. Berikut tips aman menyimpan dompet saat perjalanan jauh ala Insinyur Pikun.
  1. Berdo'a.
  2. Selalu menggunakan celana jeans dan jaket bersaku "ekstra" saat bepergian jauh.
  3. Taruh dompet dan handphone disaku celana depan karena pasti aman.
  4. Jika tidak suka menggunakan jeans, taruh dompet dan handphone di saku "ekstra" (saku dalam) jaket. Atau taruh saja dompet di dalam tas dan jangan pernah dikeluarkan.
  5. Cari informasi biaya angkutan yang akan kita tuju.
  6. Jangan taruh semua uang di dompet, taruh sebagian di tas, dan beberapa lagi (uang kecil) tersebar disaku celana, jaket, depan maupun belakang dengan jumlah yang harus diingat dan pastikan kita sudah mempersiapkan uang sejumlah biaya angkutan umum (seperti bus dan angkot). Jadi saat kondektur menagihnya atau kita ingin ngemil (beli mamiri), kita tinggal mengambil sejumlah uang pas dari kantong tanpa mengeluarkan dompet.
  7. Usahakan tetap fokus terjaga (tidak tidur).
Tetap berhati-hati saat bertraveling ya... Biar waktu traveling gak dilanda galau berkepanjangan hehehhe...
Barrakallahu...


2 Responses to "Cara Mengurus Surat-Surat di Dompet Yang Hilang"

  1. Kenapa syarat kehilangan atm harus ada kk asli n fotocopy kk,, sedangkan saya ini merantau, jadi yang saya bawa hanya buku tabungan dan ktp saja,,, repot nya ngurus atm saya yang hilang

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus