Sekarang Zamannya Panda Sama Pinguin Jadi Polisi Google

Polisi Google
Kungfu Panda Vs Penguin Madagascar
Malu aku malu. Pada semut merah, yang berbaris di dinding. Menatapku curiga, seakan penuh tanya. Lu kok bego sih?! Hahahaha kok malah nyanyi. Suram memang ya kalau orang lagi stres begini. Semacam mengalami kebangkrutan. Bagaimana tidak? Banyak postku yang tidak lagi terindeks Google. Padahal sebelumnya bisa masuk dideretan teratas halaman Google. Ya masih bersyukur sih, masih ada 1 post yang terindeks Google, meski picturenya udah enggak. Alhamdulillah ya untuk RUDYS Tailor Penjahit Jember Murah.  Eh Pak Insinyur, apa hubungannya stres, nyanyi lagu Chrisye (Kisah Kasih di Sekolah), Po (Kung Fu Panda), sama Skipper (Penguin Madagascar)?

Masih inget kan kemarin aku koar-koar tentang Google SandBox? Jelas ingat lah, itu yang membuat aku galau sampai bikin 2 post tentang itu kan (baca: Kembali Galau Waktu Baca Blog Terselubung Dihapus Google)? eh kalau dihitung sama ini berarti sudah 3 ya? Hahahahaha. Tau nggak kenapa aku malu? Itu karena isu Google SandBox itu terhitung isu yang sudah basi. Karena eh karena, sekarang (atau tepatnya mulai tahun lalu kali ya?) yang lagi ngetren itu adalah Google Panda. Berawal dari mencari info tentang pemasangan protection by DCMA, aku malah menemukan arikel Apakah Google Panda itu ??? di blognya Bang Kampleng. Artkel yang dari linknya aku ketahui dipostkan bulan Oktober 2012 itu bercerita sekilas tentang Google Panda. Gak mau terkecoh sama post itu, akupun coba search ke Google. Dan initinya Google Panda ada sejak pertengahan tahun lalu! Malu kan? Itu tandanya udah satu tahunan aku gak update soal blog. Emang iya sih... dalam jangka waktu itu aku kan sibuk sama yang namanya NULIS SKRIPSI.

Hasil searching itu juga membawaku menemukan satu nama hewan lagi, Pinguin - Google Penguin. Buset google lagi mau bangun konservasi alam apa ya? Atau mau bikin kebun binatang? Ya memang sih Panda sama Pinguin sudah sangat langka. Jumlah Si Pemakan Bambu di ekosistem aslinya, China, sangat sedikit dan Si Burung Tidak Terbang sendiri sudah sulit mencari rumah gara-gara pemanasan global ini. Eh ngaco kan, bukan itu maksud dari Google Panda dan Google Penguin.


Awalnya aku pikir cuma HOAX aja, tapi kok banyak yang nulis tentang ini. Bahkan wikipedia pun menuliskan ini (Kata dosenku sih web ini gak pantas buat dijadikan referensi karena ini merupakan referensi bebas. Tapi buatku pantas-pantas aja karena gak ada bukunya.). Wikipedia menuliskan, Google Panda adalah algoritma peringkat-hasil-pencarian Google yang dirilis sejak Februari 2011 (WOW 2011, dan aku gak ngerti? Ya aku memang cupu soal SEO. Aku gak pernah ngerti tentang SEO.). Algoritma ini ditujukan untuk menurunkan peringkat "situs berkualitas rendah" dan "situs ber-post sedikit", serta mengembalikan "situs berkualitas tinggi" ke halaman teratas search engine. Sedangkan Google Penguin juga algoritma peringkat-hasil-pencarian Google yang di rilis 24 April 2012, merupakan pengembangan dari Google Panda. Pada update ini ditujukan untuk menurunkan peringkat situs yang melanggar panduan webmaster Google dengan menggunakan teknik SEO hitam, spaming keyword, terlalu banyak menggunakan suatu keyword dalam satu post, cloaking (red: Domain cloaking atau URL Frame adalah fitur domain yang digunakan untuk menyembunyikan alamat/domain asli pada tampilan di browser. Pada umumnya digunakan untuk membuat nama domain anda kelihatan lebih professional atau sekedar mudah diingat. sumber: idebagus.com), mengikuti program paid to review atau semacamnya, menduplikasi konten, dan lain-lain. Target utama Google Penguin adalah spamdexing (termasuk link bombing).


Akhirnya aku temukan satu lagi alasan kenapa blogku ini masuk ke Google SandBox. Cloaking, spamdexing dan link bombing. Udah dijelasin diatas bukan? Intinya cloaking itu menyingkat alamat URL blog kita, kemungkinan ini termasuk saat menyingkat menggunakan bit.ly juga. Karena beberapa waktu lalu aku banyak menyingkat alamat blogku melalui itu untuk di post di twiter. Ntahlah apa benar bit.ly juga termasuk cloaking atau nggak, tapi yang jelas untuk berjaga-jaga kan? Yah sampai ada sumber yang jelas lah soal cloaking ini. Jadi aku ngerti apa penyebabnya. Semakin ngerti alasan kenapa, semakin membuatku tenang. Iklas sudah, lempeng hatiku kalau begini.

Ibarat Google itu sebuah negara, Panda dan Pinguin sebagai polisnya dan Google SandBox sebagai penjaranya. Google semakin pintar saja.

Semoga membantu.
Barrakallahu...



0 Response to "Sekarang Zamannya Panda Sama Pinguin Jadi Polisi Google"

Posting Komentar