Melakukan 6 Kesalahan SEO Blog ini Remake

Insinyur Pikun

Sedikit mendramatisir sebenarnya kalau dibilang "REMAKE". Kalau dalam istilah bahasa Indonesia biasa disebut hiperbola. Tapi akhir-akhir ini sedang ngetrand yang namanya VICKYBULARY. Apa itu? Berawal dari seorang pedangdut cantik Zaskia Gotik yang memperkenalkan tunangannya yang konon seorang pengusaha sukses (tapi akhirnya ternyata diketahui seorang penipu) yang bernama Vicky Prasetyo. Dalam konferensi pers Zaskia mengenalkan tunangannya, Vicky menggunakan banyak istilah-istilah dalam bahasa Inggris yang bahkan orang Inggris pun gak ngerti apa maksudnya. Itu karena semua vocab dan grammar yang digunakan salah. Sudah cukup membahas betapa gilanya Vickynisasi. Kalau masih penasaran, banyak kok disebar di sosial media sampai ke youtube. Kita kembali ke masalah hiperbola tadi. Kenapa kata remake aku katakan hiperbola?

Ya memang hiperbola dan terkesan lebay. Sebenarnya lebih cocok pakai kata maintenance bukan remake. Setelah ngerti apa aja kesalahanku awalnya aku pengen remake blog ini. Total habis-habisan. Tapi sayang banget, yang salah hanya beberapa tapi kok malah mengorbankan yang lain ditambah lagi aku sudah srek sama templatenya. Ya mending ditlateni aja, optimasi SEO secukupnya dan menghindari kesalahan yang sudah-sudah. Lalu kesalahan apa yang sudah aku perbuat?
  1. Jarang diupdate.
    Sejak pertengahan tahun lalu, aku memang gak pernah update blog ini lagi. Sibuk ngurusin skripsi. Biasalah bagaimana nasib seorang mahasiswa yang sedang skripsi kan? Galau. Ini juga rajin nulis gara-gara belum nemuin pekerjaan. Ntar kalo udah nemu kerja, pasti jarang nulis lagi. Gak terawat lagi dah ini blog.
  2. Pertumbuhan backlink yang tidak sehat.
    Waktu kontes blog Telkomsel kemarin aku terlalu bersemangat meninggalkan backlink ke blog para peserta kontes. Maksudnya agar mereka dan pembaca-blog-mereka ikut membaca blog ini. Itu justru menjadi boomerang buatku. Karena membuat track pertumbuhan backlinkku tidak sehat. Konon katanya, kalau sehar-hari kita jarang memburu backlink, maka jangan paksakan satu hari kita memburu banyak backlink dan besoknya gak berburu lagi. Jadi harus stabil. Berikut adalah 12 blog yang aku komen dan aku sisipi linkku. (1) bensap.blogspot.com, (2) diaryharianbunda.blogspot.com, (3) fromblazertodaster.blogspot.com, (4) jurnalmaman.blogspot.com, (5) kelkiahelanie.blogspot.com, (6) kepik-merahmarun.blogspot.com, (7) lusiono.blogspot.com, (8) naluwnovi.blogspot.com, (9) noteboll.blogspot.com, (10) paramadinadino.blogspot.com, (11) pontulisi.blogspot.com, (12) rizqifirdha.blogspot.com. Meeskipun cuma 12, tapi ini termasuk gak sehat, karena cuma satu hari sudah mencari 12 link, tapi besoknya tidak cari lagi dan kemarinnya juga begitu.
  3. Cloaking.
    Cloaking aku lakukan juga banyak waktu kontes kemarin (Maklum, meskipun sudah punya acount blog sejak 2008, tapi mulai menulis sejak akhir 2011, itupun aku jarang mencari tau tentang SEO. Jadi aku masih terhitung Bloger CUPU.). Agar alamat blogku yang panjang ini bisa masuk ke twitter tanpa mengganggu isi twitku, aku singkatlah alamat itu melalui bit.ly dan itu konon katanya termasuk cloaking.
  4. Spamdexing.
    Oke aku akui dengan tanpa rasa menyesal dan tidak bangga juga sebenarnya. Aku telah melakukan spam klik agar blog ini cepat terindeks Google. Terlalu bernafsu agar usahaku (bisnis keluarga) lancar.
  5. Terlalu banyak mengulang keyword dalam satu post.
    Aku gak tau kalau polisi Google, Si Panda dan si Pinguin gak suka pengulangan keyword dalam satu post secara beerlebihan. Aku berencana merombak semua posting bahkan blog ini, tapi gak jadi. Cuma beberapa post penting yang tidak terindeks Google saja.
  6. Terlalu fokus pada indeks Google dan mengingkari kekuatan Allah.
    Aku terlalu bernafsu agar blog ini terindeks Google. Nafsuku muncul gara-gara pengakuan beberapa orang yang akan menjahitkan baju pada RUDYS Tailor, mereka tau tempat ini dari Google, dari blog ini. Aku senang dan bangga akan blog ini, makanya aku berusaha untuk mengindeks usaha yang lain. Tapi aku lupa, bahwa Google hanya perantara, tapi rezeky Allah yang mengatur. Pelanggan datang bukan semata-mata dari Google. Tapi Allah yang medatangkannya.
Jadi bukan remake kata yang cocok untuk aksiku kali ini. Tapi maintenance! hahahaha Selama beberapa hari kedepan blog akan maintenace. Semoga dari tulisan ini gak ada yang ikutan melakukan kesalahan yang sama ya sob. Biar gak ditangkap Polisi Google Si Pemakan Bambu dan Si Burung Tidak Terbang.

Barrakallahu...



2 Responses to "Melakukan 6 Kesalahan SEO Blog ini Remake"