Rabu, 16 Januari 2013

Bebatuan Mulia dan Bulan Kelahiran

Ada banyak nama batu mulia di bumi. Setiap batu memiliki warna dan corak masing-masing. Bahkan menurut kepercayaan sebagian orang, setiap batu tersebut memiliki kegunaannya masing-masing. Beberapa bebatuan mulia tersebut diasosiasikan dengan bulan kelahiran (birthstones). Seperti yang pernah aku tulis dalam postku yang berjudul "Sekilas Tentang Namaku", aku dilahirkan bulan Mei dan batu kelahiranku pun adalah Zamrud, sesuai dengan namaku. Lalu apa batu kelahiran kalian? Bisa juga dijadikan nama si calon bayi loh :)

JANUARI: Garnet
Melambangkan kesetiaan. Dulu Garnet dianggap memiliki tuah pengobatan dan bermanfaat sebagai perlindungan terhadap segala jenis racun, luka dan mimpi buruk. Garnet dipercaya dapat menyeimbangkan gangguan di kelenjar thyroid, mengatasi kurangnya toleransi terhadap orang lain, mengurangi kekerasan hati dan perasaan tidak mempunyai cukup popularitas. Garnet bisa berwana merah, hitam, hijau atau tak berwarna. 
Garnet

FEBRUARI: Amethyst
Melambangkan ketulusanAmethyst dipercacya dapat meningkatkan kekuatan batin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala. Legenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan. Amethyst diperolah dari formasi batu-batuan dan warnanya beragam dari ungu pucat sampai ungu gelap.
Amethyst

MARET: Aquamarine
Menyiratkan keberanianAquamarine dipercaya bisa digunakan untuk suatu harapan baik didalam menjalani percintaan dan berbelas kasih. Dikatakan dapat menolong meredakan depresi dan kesedihan. Selain itu juga dipercaya dapat membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru. Menurut legenda, memakai Aquamarine sebagai anting/giwang akan membawa cinta dan pengaruh baiknya. Kegunaan lainnya yaitu membantu mata/pengelihatan, mengurangi retensi cairan tubuh serta memberi keamanan dalam perjalanan melalui lautan. Batuan ini juga dianggap bisa menyembuhkan penyakit perut, hati, rahang dan tenggorok. Warnanya bervariasi dari biru ke hijau.
Aquamarine

APRIL: Diamond
Batuan yang kita kenal sebagai berlian ini diasosiasikan dengan kehidupan romantik, misteri, kekuasaan, keserekahan dan dunia gaib. Berlian dipercaya dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas baik positif dan negatif, langsung dan jujur. Juga membantu mengatasi rasa ketidak amanan secara material. Semakin baik kwalitas Berlian, semakin baik daya bantunya. Merupakan lambang dari keberanian yang tidak terkalahkan. Orang Hindu percaya bahwa Berlian yang kurang baik mutunya atau mengandung bercak, membawa sial hingga ia bahkan dapat mencabut/menghilangkan Batara Indra dari tempatnya yang tertinggi di surga. Di masa kini Berlian dengan kualitas paling rendahpun (misalnya warnanya buruk), masih digunakan untuk keperluan industri. Berlian merupakan zat paling keras di dunia, dan merupakan salah satu bentuk karbon.
Diamond

MEI: Emerald
Dikenal juga sebagai Zamrud, ini merupakan lambang cinta murni. Zamrud dipercaya bisa digunakan untuk penyembuhan physik dan emosional yaitu mengatasi penyakit di syaraf dan tidak adanya persepsi maupun kejernihan bathin. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Zamrud berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan. Batuan ini jufa bisa mencegah epilepsy, menghentikan pendarahan, meredakan demam dan diare, dan membuat penggunanya tidak mudah panic. Warnanya bervariasi dari hijau muda sampai hijau tua.
Emerald

JUNI: Pearl
Melambangkan kepolosan. Dipercaya memiliki kekuatan gaib, dan oleh karenanya, pernah ada hukum yang mengatur siapa saja yang boleh mengenakan batuan ini. Mutiara dipercaya bisa menolong seseorang untuk lebih mengenal diri sendiri dan meningkatkan penghargaan terhadap dirinya. Mutiara membuat pemakainya dapat merasakan cinta dari orang yang memberi mutiara tersebut serta meningkatkan feminitas. Kegunaan lain yaitu membantu terbentuknya antibodi dan melawan infeksi serta membantu ketidakmampuan seseorang dalam mendidik orang lain.
Pearl

JULI: Ruby
Melambangkan pembawa kesehatanRuby dipercaya dapat membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan. Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia), menjadi pelindung terhadap kelicikan orang lain dan nasib buruk. Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih. Bebatuan ini juga dipercaya dapat menghentikan pendarahan.
Ruby

AGUSTUS: Peridot
Melambangkan kebahagiaan, pencegah kecemasan. Peridot digunakan untuk membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan. Legenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi Peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/setan. Jika Peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari teror di malam hari. Untuk kesehatan, Peridot membantu fungsi dari kelenjar adrenal, memberikan keseimbangan energi fisik dan membantu orang yang terlalu sering mengalami ketegangan emosional/stress, dengan kata lain bisa membantu pemakainya agar bisa berbicara dengan lebih baik serta meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain. Peridot adalah satu-satunya batuan yang diperoleh dari meteorit.
Peridot

SEPTEMBER: Sapphire
Melambangkan pikiran jernihSapphire dipercaya dapat menjernihkan pikiran, meningkatkan kedamaian, kebahagiaan serta meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup. Raja-raja mengenakan Sapphire di leher mereka sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya (tolak bala). Batu ini akan melindungi pemakainya dari rasa sirik dan membuat mereka merasa dekat ke Tuhan. Batu dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik. Untuk kesehatan Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental.  Warna Sapphire bisa biru cerah, oranye, hijau, kuning dan pink.
Sapphire

OKTOBTER: Opal
Melambangkan harapan. Dipercaya sebagai pembawa keindahan, kesuksesan dan kebahagiaan serta mencegah pemakainya dari penyakit jantung dan ginjal serta mencegah Anda agar tidak pingsan. Opal terbentuk dalam waktu yang sangat lama.
Opal

NOVEMBER: Topaz
Melambangkan kepercayaan/kesetiaanTopaz dipercaya dapat digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih. Zaman dahulu, ukiran burung elang di batu Topaz digunakan untuk menyatakan niat baik dari seorang raja, ratu dan hartawan. Orang Yunani mempercayai Topaz memberikan kekuatan. Topaz juga membantu mengatasi rasa marah (menenangkan emosi) dan melindungi terhadap tekanan pihak luar. Bebatuan ini juga dipercaya bisa meningkatkan kekuatan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap racun yang menyerang pemakaianya. Topaz bisa berwarna keemasan, hijau atau tanpa warna.
Topaz

DESEMBER: Turquoise
Melambangkan keberhasilan, dan merupakan ajimat cinta. Bila seorang pria memberi seorang wanita perhiasan Turquoise, itu artinya ia berharap cinta darinya. Turquoise dipercaya dapat membantu orang dalam memulai usaha baru. Dapat memperingatkan pemakainya dari bahaya/penyakit yang akan menyerang dengan perubahan warnanya. Di abad ke 13 Turquoise dikatakan melindungi pemakainya dari jatuh, terutama dari kuda. Juga digunakan bagi relaksasi tubuh, mengatasi rasa was-was/bingung, kekacauan mental, menenangkan emosi. Orang Indian percaya bahwa jika Turquoise direkatkan di busur, anak panah yang ditembakkan pasti akan mengenai sasarannya. Juga dipercayai akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan. Turquoise terbentuk dari air kaya mineral yang tertinggal di celah-celah bebatuan.
Turquoise

Itu semua hanya kepercayaan orang kuno, kita seharusnya percaya kepada Allah SWT.
Barrakallahu minna wa minkum.



Terimakasih sudah membaca Bebatuan Mulia dan Bulan Kelahiran.

Disponsori dan didukung oleh:

RUDYS Tailor

Rujak Bu Pani Kuliner Jember Murah dan Sehat

Family - Father and Mother I Love You

Protected by:

Protected by Copyscape Web Copyright Checker

DMCA.com

1 komentar:

  1. kalo batu batuan gini gue lbh tertarik yg batuan hasil "penarikan" dari energi alam :P sereemnya dapet hahaha

    BalasHapus