Solved and Closed


Akhirnya muncul lagi wacana "move on" dan "grow up". Seperti yang pernah aku tulis pada posting Senin, 02 April 2012 dengan judul Move on?.
Apalah arti kata move on kalo kita gak bisa grow up? percuma dong kita mampu bangkit lagi saat kita terjatuh tapi ujung-ujungnya malah jatuh lagi kelobang yang sama? Kita mampu bangkit dari keterpurukan tapi gak mampu menjadi dewasa, gak mampu belajar dari kesalahan masa lalu. Waktu kita terjatuh, hal yang harus kita lakukan adalah bangkit lagi dan mempelajari kenapa kita bisa terjatuh agar kita tak jatuh lagi ke lubang yang sama.
Jum'at, 13 April 2012 kemarin, aku ikut meeting di kantor PT ICON+, yang salah satu agendanya adalah membahas tentang "status seluruh pekerjaan Servpo". Pada meeting tersebut dijelaskan bahwa saat terjadi gangguan dan servpo selesai mengerjakan pekerjaannya, terdapat dua jenis selesainya kasus (gangguan), yaitu case solved dan case closed. Terdapat perbedaan yang besar pada dua jenis penyelesaian gangguan tersebut. Case solved adalah kita bisa menyelesaikan gangguan dengan benar hanya sampai link jaringan normal, tanpa tau apa penyebabnya. Bisa dikatakan saat kita menyelesaikan gangguan dengan status case solved, jaringan tersebut OK hanya temporary. Ini maksudnya sewaktu-waktu akan terjadi lagi gangguan yang sama pada tempat yang sama dan perangkat yang sama. Biasanya ini terjadi pada case gangguan sisi pelanggan, karena kita membutuhkan penyelesaian yang cepat karena jaringan akan segera digunakan oleh pelanggan, atau lebih kerennya disebut servis pelanggan. Case closed adalah kita bisa menyelesaikan gangguan dengan benar sampai ke akar permasalahannya, dimana kita tau apa yang menjadi penyebab dari gangguan tersebut dan kita selesaikan dengan benar.
 
Ini gak jauh beda sama post testimonialku yang sebelumnya tentang move on dan grow up. Kita bisa menyimpulkan bahwa saat gangguan kita berstatus case solved itu artinya kita hanya bisa move on sedangkan saat gangguan kita berstatus case closed itu artinya kita sudah bisa grow up.


Barrakallahu minna wa minkum.





0 Response to "Solved and Closed"

Posting Komentar