Buku Elektronika Kelas 1 SMP: Resistor


Menurut Om Wikipedia, Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir. Seperti biasa kata-kata Om Wiki ribet, kalo disederhanain gini resistor digunakan untuk membatasi arus dan atau tegangan, tergantung cara merangkainya. Tapi meskipun punya 2 kaki, fungsi kedua kaki resistor sama aja, mau dihubungkan ke positif atau negatif sama aja terserah kita. Karena resistor berfungsi sebagai tahanan, satuan ukuran resistor adalah ohm ().

Biasanya resistor berdaya besar nilainya dinyatakan dalam bentuk angka pada badannya, sedangkan pada resistor berdaya kecil nilainya dinyatakan dalam bentuk kode warna. Kemasan biasanya cokelat muda, cokelat, biru, atau hijau, walaupun begitu warna lain juga mungkin, seperti merah tua atau abu-abu. tapi ada juga resistor kecil yang dipasang-permukaan dicetak dengan harga numerik dengan kode yang mirip dengan kondensator kecil. Resistor toleransi standar ditandai dengan kode tiga digit, dua pertama menunjukkan dua angka pertama resistansi dan angka ketiga menunjukkan pengali (jumlah nol).

  

Ada dua resistor pengkodean warna resistor yang umum digunakan. 4 gelang warna dan 5 gelang warna, namun juga terdapat 6 gelang warna, tapi sebenernya sama saja seperti resistro 5 gelang, karena gelang ke-6 adalah nilai koefisien suhu maksimum resistor. Umumnya warna gelang pada resistor adalah hitam, coklat, merah, jingga (orange), kuning, hijau, biru, abu-abu, putih. Setiap kode warna tersebut mewakili nilai dari 0-9.
Sumber gambar: http://id.wikipedia.org/wiki/Resistor
Yang banyak dijual dipasaran adalah resistor dengan 4 gelang warna. Cara membacanya adalah 2 warna gelang pertama merupakan dua digit pertama pada nilai resistansi, gelang ke-3 adalah faktor pengali (jumlah nol), dan gelang ke-4 adalah nilai toleransi resistor tersebut. Jadi misal terdapat resistor dengan warna gelang merah, hijau, orange, dan emas berarti resistor tersebut memiliki nilai 25000  5%. Itu karena merah (gelang 1) bernilai 2, hijau (gelang 2) bernilai 5, orange (gelang 3) bernilai , dan emas (gelang 4) bernilai 5%.

Pada resistor bergelang 5 sebenernya hampir sama seperti resistor gelang 4. Pada resistor gelang 5, gelang ke-1, ke-2, dan ke-3 merupakan 3 digit awal nilai resistansinya. dan gelang ke-4 adalah faktor pengali (jumlah nol) sedangkan gelang ke-5 adalah nilai toleransi resistor tersebut.

Sumber gambar: http://www.infoservicetv.com/cara-membaca-nilai-resistor.html

Untuk dapat membaca nilai resistor, kita harus hapal kode-kode warna tersebu. Tapi kok banyak sih warnanya, susah ngapalinnya ni...
Gampang kok sebenernya, pake akronim (singkatan) aja. Biasanya aku pake singkatan hicomeokuhibiuapu alias Hitam Coklat Merah Orange Kuning Hijau Biru Ungu Abu-abu Putih, gampang kan? biar lebih gampang bikin akronim sendiri aja :)

Selain bernilai tetap, seperti resistor diatas, juga terdapat resistor yang memiliki nilai yang dapat berubah-ubah.

Potensiometer adalah resistor yang nilainya dapat berubah dengan cara memutar tongkat/tangkai pemutarnya.


Trimer potensiometer (trimpot) adalah resistor yang nilainya dapat diubah dengan menggunakan obeng.


LDR (Light Dependent Resistor) adalah resistor yang nilainya dapat berubah, perubahan nilai pada LDR tergantung pada cahaya disekitar LDR.


NTC (Negative Temperature Coeffisien) dan PTC (Positive Temperature Coeffisien) adalah resistor yang nilainya dapat berubah tergantung dengan suhu disekitarnya.


Sesuai janjiku sebelumnya akan ku bagi software gratis karyaku sendiri, software latihan untuk membaca gelang resistor. Monggo didownlod dan dicoba.

Untuk mendownload bisa klik DISINI...

Barrakallahu minna wa minkum.

Sumber:
Drs. Supriyanto, MM, dkk. 1998. Keterampilan Elektronika Untuk SLTP. Jakarta: PT Rakaditu.
http://id.wikipedia.org



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan terkait:
 


0 Response to "Buku Elektronika Kelas 1 SMP: Resistor"