Jumat, 09 Maret 2012

Buku Elektronika Kelas 1 SMP: Rangkaian Dasar Sumber Listrik


Seperti yang sudah kita bahas pada post sebelumnya tentang dasar-dasar kelistrikan, pada kesempatan kali ini akan kita bahas masalah rangkaian dasar sumber listrik. Kita tau sumber tegangan AC yang ada, listrik PLN, memiliki tegangan 220V dan arus rata 4A (rata-rata arus yang dialirkan PLN ke pelanggan rumah dengan daya 900VA). Jadi kita tak perlu bingung merangkai untuk mendapat tegangan atau arus yang besar. Pada sumber DC pun, agar kita mendapatkan tegangan atau arus DC yang optimum, kita dapat menyearahkan sumber tegangan PLN dengan rangkaian penyearah yang akan kita bahas nanti. Lalu bagaimana jika kita menggunakan sumber arus DC yang memiliki batas tegangan dan arus seperti aki (accu) dan baterai?

Sesuai dengan kebutuhan akan besarnya tegangan dan aru dari sumber listrik maka disusunlah beberapa rangkaian sumber listrik DC. Sekarang ini yang akan kita bahas adalah rangkaian baterai, dan tentu saja juga bisa digunakan untuk accu. Rangkaian dasar beterai ada dua macam yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Rangkaian Seri


Men-seri beberapa battre dimaksudkan untuk mendapatkan tegangan yang lebih besar, tetapi arus yang dihasilkan adalah sama dengan arus satu battre. Ini sesuai dengan hukum kirchoff (yang akan kita bahas nanti) :) Atau secara matematika total tegangan pada rangkaian seri battre dapat dituliskan:


Rangkaian Paralel
Lalu bagaimana jika kita butuh sumber battre ber arus besar?


Men-paralel beberapa battre dimaksudkan untuk mendapatkan arus yang lebih besar, tetapi tegangan yang hasilkan adalah sama dengan tegangan satu battre. Atau secara matematika total tegangan pada rangkaian paralel battre dapat dituliskan:


Tunggu posting selanjutnya ya :)
Barrakallahu minna wa minkum.

Sumber:
Drs. Supriyanto, MM, dkk. 1998. Keterampilan Elektronika Untuk SLTP. Jakarta: PT Rakaditu.
http://id.wikipedia.org

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan terkait:
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar