Buku Elektronika Kelas 1 SMP: Pengenalan Komponen Elektronika

Ada banyak komponen dasar elektronika seperti resistor, didoda, transistor, dan lain-lain. Lalu gimana sih wujud asli dan lambang dari komponen-komponen tersebut???

Resistor
Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam satu rangkaian.
 

Dioda
Dioda adalah komponen aktif yang mempunyai kutub anoda dan katoda.



Kondensator (Capasitor)
Capasitor atau juga bisa disebut kondensator adalah suatu komponen dasar elektronika yang dapat menyimpan muatan energi listrik. Satuan kondensator adalah Farad diambil dari nama Michael Farady.
 


LED 
LED atau Light-Emitting Diode dalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.





Transistor 
Transistor adalah komponen elektronika yang digunakan sebagai penguat, saklar elektronik (switching), penstabil tegangan, modulasi sinyal dan sebagainya. Secara umum transistor memiliki tiga kaki yaitu basis(B), colector(C) dan emitor(E).




IC (Integrated Circuit)
IC (Intregrated Circuit) adalah komponen elektronika yang terdiri dari resistor, transistor, induktor, dll. yang dikemas dalam sirkuit terpadu.



Transformator (Trafo)
 Transformator (Trafo) atau transformer adalah suatu komponen elektronika yang dapat mengubah besar tegangan AC ke taraf lain dengan prinsip elektromagnetik.


Saklar
Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik.



Fuse (Sekring)
Sekering (dari bahasa Belanda zekering) adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkaian listrik apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek.






Post kali ini masih seputar dasar dari komponen elektronika berupa simbol komponen dan wujud asli dari komponen, hanya terdapat sedikit pengertian tentang komponen. Untuk penjelasan yang lebih mendalam tentang setiap komponen, ikuti post selanjutnya ya :)
Ditunggu dan diikuti selalu postnya, akan ada software pembaca gelang resistor gratis karyaku :)

Barrakallahu minna wa minkum.

Sumber:
Drs. Supriyanto, MM, dkk. 1998. Keterampilan Elektronika Untuk SLTP. Jakarta: PT Rakaditu.


2 Responses to "Buku Elektronika Kelas 1 SMP: Pengenalan Komponen Elektronika"